Wednesday 18 January 2017

Abstrak skripsi

ABSTRAK
Fenia Marliana: “Pengaruh Penggunaan Metode Mau’izah terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” (Penelitian di Kelas VII, VIII dan IX SMP Plus Robithoh Sekesalam Ciparay Bandung Tahun 2011).
Membatasi kajian pada fenomena yang terjadi melibatkan siswa SMP Plus Robithoh Sekesalam. Fokus permasalahan yang diteliti adalah bertolak dari bagaimana penggunaan metode mau’izah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Di lain pihak bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? serta bagaimana penggunaan metode mau’izah hubunganya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas penggunaan metode mau’izah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta pengaruh penggunaan metode mau’izah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa terdapat hubungan yang positif antara penggunaan metode mau’izah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa. Setelah data didapat dari penyebaran angket pada responden, maka dilakukan analisis statistik dan diinterpretasikan menjadi kualitatif, diantaranya dilakukan analisis perindikator, uji normalitas, linieritas regresi dan analisis korelasi.
Dari hasil analisis data, diketahui realitas penggunaan metode mau’izah berkualifikasi cukup/sedang, dengan nilai rata-rata 3,77. Selain itu, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI yang berkualifikasi cukup/sedang dengan nilai rata-rata 3,78. Hubungan antara penggunaan metode mau’izah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI menunjukan hubungan dengan koefesien korelasi sebesar 0,44 dengan kategori cukup/ sedang. Sementara itu, hasil uji t sebesar 3,04. Adapun kontribusi variable X terhadap variable Y sebesar 19,36 % atau dengan kata lain masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa  pada mata pelajaran PAi sebesar 80,64 %.


No comments:

Post a Comment

Skincare Reglow

https://fenia.sahabatreglow.net/reglow/ Konsultasi/tanya