ABSTRAK
Fenia Marliana:
“Pengaruh Penggunaan Metode Mau’izah
terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” (Penelitian di Kelas VII, VIII dan IX SMP
Plus Robithoh Sekesalam Ciparay Bandung Tahun 2011).
Membatasi kajian pada fenomena yang
terjadi melibatkan siswa SMP Plus Robithoh Sekesalam. Fokus permasalahan yang diteliti adalah
bertolak dari bagaimana penggunaan metode mau’izah pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam? Di lain pihak bagaimana motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? serta bagaimana penggunaan
metode mau’izah hubunganya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui realitas penggunaan metode mau’izah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta
pengaruh penggunaan metode mau’izah terhadap motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa
terdapat hubungan yang positif antara penggunaan metode mau’izah pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan,
yaitu pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk
data kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Populasi
dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa. Setelah data didapat dari penyebaran
angket pada responden, maka dilakukan analisis statistik dan diinterpretasikan
menjadi kualitatif, diantaranya dilakukan analisis perindikator, uji normalitas,
linieritas regresi dan analisis korelasi.
Dari hasil analisis data, diketahui
realitas penggunaan metode mau’izah berkualifikasi cukup/sedang, dengan
nilai rata-rata 3,77. Selain itu, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
PAI yang berkualifikasi cukup/sedang dengan nilai rata-rata 3,78. Hubungan
antara penggunaan metode mau’izah terhadap motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran PAI menunjukan hubungan dengan koefesien korelasi sebesar 0,44
dengan kategori cukup/ sedang. Sementara itu, hasil uji t sebesar 3,04. Adapun
kontribusi variable X terhadap variable Y sebesar 19,36 % atau dengan kata lain
masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAi sebesar 80,64 %.
No comments:
Post a Comment