Tuesday 24 January 2017

RPP IPS kelas 4 semester 2



Oval: PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SD PLUS USWATUL HAYAT


Mata Pelajaran	      : IPS
Kelas/Semester	: IV/2
Nama Guru	: Fenia Marliana, S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Plus Uswatul Hayat
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester            :   IV/II
Alokasi Waktu             :   12 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)

 Standar Kompetensi
2.  Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi

I.     Kompetensi Dasar
2.1  Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

II.  Tujuan Pembelajaran 
¨      Siswa dapat Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

v  Karakter siswa yang diharapkan :
¨      Kreatif, Kerja keras

III. Materi Pokok
§  Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain yang ada di daerahnya
Contoh akifitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam.
a.    Didaratan   : menanam padi, menanam sayuran, pengelolaan hutan, penggalian bahan tambang.
b.    Diperairan   : budi daya ikan bandeng, budi daya udang, pengeboran minyak lepas pantai, dan budi daya rumput laut.
            Dari kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia akan mendapatkan penghasilan. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda. Manusia melakukan kegiatan ekonomi sesuai dengan tempat tinggalnya, misalnya sebagai nelayan jika ia tinggal di pantai dan menjadi petani jia ia tinggal di dataran rendah atau pegunungan.
            Kelestarian sumber daya alam tergantung cara pengelolaanya oleh manusia. Suatu daerah yang kaya sumber daya alam akan membuat masyarakat disekitarnya hidup makmur.

IV. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 -  4)
Pertemuan 1
·       Kegiatan awal
-       Siswa diajak mengamati gambar pemandangan alam
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan apa saja sumber daya alam di daerahnya yang mendukung kegitan ekonomi di daerahnya
F Mengelompokkan sumber daya alam tersebut sesuai jenis-jenisnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merangkum materi pelajaran yang telah diterimanya

Pertemuan 2
·       Kegiatan awal
-       Siswa diajak menyanyi ”Nyiur Melambai”
-       Tanya jawab materi pelajaran
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang manfaat sumber daya alam
F Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mencatat hal-hal penting tentang manfaat dan melestarikan sumber daya alam
Pertemuan 3
·       Kegiatan awal
-       Menjawab pertanyaan guru
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerahnya
F Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Murid maju menunjukkan melalui peta tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
Pertemuan 4
·       Kegiatan awal
-       Mengamati peta di papan tulis
-       Menunjukkan tempat dan jenis-jenis sumber daya alam
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam di daerahnya
F Menceritakan sumber daya alam yang mendukung kegiatan ekonomi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bercerita di depan kelas tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi di daerahnya

V.  Alat dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar berbagai jenis sumber daya alam
§  Sumber          :   Buku IPS kelas IV   Pengarang Asy’ari, Penerbit Erlangga Tahun 2007.


VI. Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
§ Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
§  Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
§  Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya
§  Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
§  Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
§  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
§  Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
§  Menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan energi dan sumber daya ruang
§  Membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-pat sumber daya alam tersebut
Tertulis uraian
jawaban singkat
­      Sebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
­      Tulislah tiga sumber daya alam yang dapat diperbarui!
­      Tulislah tiga sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
­      Tulislah potensi ekonomi yang terdapat di daerah tempat tinggalmu!
­      Jelaskan bagaimana cara melestarikan sumber daya alam agar tidak cepat habis atau punah!
­      Apa saja manfaat sumber daya alam pertanian?

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
Mengetahui
Kepala SDP Uswatul Hayyat


Momo Mulawarman, S.E.I

Pengkolan,  09 Januari 2017
Guru Kelas IV


Fenia Marliana, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    :    SD Plus Uswatul Hayat
Mata Pelajaran                     :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester                   :    IV/II
Alokasi Waktu                       :    12 jam pelajaran @ 35 menit
                                                         Pertemuan minggu ke- 5 sampai 8 (4 minggu)

I.      Standar Kompetensi
2.  Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi

II.   Kompetensi Dasar
2.1  Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kese-jahteraan masyarakat

III. Tujuan Pembelajaran 
¨       Siswa dapat Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kese-jahteraan masyarakat

v  Karakter siswa yang diharapkan :
¨       Jujur,  Kerja keras, Kreatif, Disiplin

IV. Materi Pokok
§  Pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
          Menurut undang-undang koperasi Nomor 25 tahun 1992 Pasal 1 Ayat 1 pengertian koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatanya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan prinsip koperasi sekligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan.
          Tujuan koperasi adalah mensejahterakan anggotanya. Manfaat koperasi adalah mengembangkan perekonomian nasional. Koperasi berazaskan gotong royong sehingga usaha koperasi dilakukan secra bersama-sama. Koperasi dilakukan atas dasar dari dan untuk anggota.
          Badan usaha lain ditujukan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Ada enam jenis koperasi yang ada di Indonesia, yaitu koperasi simpan pinjam, koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi jasa, koperasi pemasaran, dan koperasi pegawai negri.

V.    Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 5 - 8)
Pertemuan 1
·        Kegiatan awal
-       Mengamati gambar/lambang koperasi
·        Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan kegiatan koperasi
F Mengelompokkan jenis-jenis koperasi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat rangkuman materi pelajaran

Pertemuan 2
·        Kegiatan awal
-       Mengamati barang-barang yang biasanya dijual di koperasi
-       Tanya jawab tentang jenis barang dan manfaatnya
·        Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang manfaat koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
F Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjualbelikan dalam koperasi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyampaikan di depan kelas manfaat koperasi

Pertemuan 3
·        Kegiatan awal
-       Memperhatikan bagan pengurus koperasi
·        Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membedakan koperasi dengan BUMN
F Membuat bagan pengurus koperasi
F Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjualbelikan dalam koperasi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat bagan pengurus koperasi yang ada di daerahnya

Pertemuan 4
·        Kegiatan awal
-       Guru memceritakan manfaat koperasi
·        Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menceritakan manfaat koperasi yang ada di daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bercerita di depan kelas tentang manfaat koperasi

VI. Alat dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga        :    Gambar kegiatan koperasi
§  Sumber               :    Buku IPS kelas IV   Pengarang Asy’ari, Penerbit Erlangga Tahun 2007.

VII. Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
§  Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
§  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
§  Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
§  Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada dalam kantor koperasi
§  Mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada di daerahnya
§  Menjelaskan manfaat koperasi pada anggota
§  Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjual­belikan                                             dalam koperasi
§  Membedakan koperasi dengan badan usaha milik negara
§  Membuat bagan struktur pengurus koperasi
§  Menceritakan bentuk-bentuk kegiatan koperasi yang ada di                                             dalam masyarakat

Tertulis uraian
jawaban singkat
­      Sebutkan kegiatan apa saja yang ada dalam kantor koperasi
­      Koperasi adalah usaha bersama berdasarkan pada asas ....
­      Bank-bank pemerintah termasuk ....
­      Koperasi di Indonesia yang pertama kali didirikan oleh ....
­      Modal koperasi berasal dari ....
­      Kekuasaan tertinggi pada koperasi dipegang oleh ....


Mengetahui
Kepala SDP Uswatul Hayyat





Momo Mulawarman, S.E.I

Pengkolan,  09 Januari 2017
Guru Kelas IV





Fenia Marliana, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    :    SD Plus Uswatul Hayat
Mata Pelajaran                     :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester                   :    IV/II
Alokasi Waktu                       :    15 jam pelajaran @ 35 menit
                                                        Pertemuan minggu ke- 9 sampai 13 (5 minggu)

I.      Standar Kompetensi
2.  Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi

II.   Kompetensi Dasar
2.3    Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

III. Tujuan Pembelajaran 
¨       Siswa dapat Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

v  Karakter siswa yang diharapkan :               
¨       Kreatif,  Kerja keras,  Gemar membaca

IV. Materi Pokok
§  Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi 
          Jenis-jenis teknologi masa lalu dan masa kini mempunyai kelebihan dan kekurangan.
          Teknologi untuk berproduksi pada masa lalu dilakukan dengan cara tradisional sedangkan teknologi masa kini dilakukan dengan cara moderen / menggunakan mesin.
          Teknologi masa lalu banyak menggunakan tenaga manusia sedangkan teknologi masa kini banyak menggunakan tenaga mesin  dibantu peralatan lain yang canggih.
          Bahan baku adalah bahan dasar atau bahan mentah.  Bahan baku diolah menjadi suatu barang. Jenis transportasi dibagi menjadi tiga macam, yaitu darat, laut dan udara.
          Ciri-ciri transportasi masa lau adalah tidak menimbulkan polusi,  murah, tetapi tidak cepat dan tidak tergantung pada mesin. Sedangkan Ciri-ciri transportasi masa kini adalah dapat menimbulkan polusi, mahal tetapi cepat, dan bergantung pada mesin.
          Jenis alat komunikasi masa lalu adalah kentongan, bedug, terompet, dan sirine. Sedangkan jenis alat komunikasi masa kini adalah telepon, handphone, faksimile, dan e-mail.

V.    Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 9 - 13)
Pertemuan 1 s/d 3
·        Kegiatan awal
-       Mengamati gambar bermacam-macam teknologi produksi
·        Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengelompokkan teknologi produksi masa lalu dan masa kini
F Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
F Menunjukkan peralatannya
F Menyebutkan macam-macamnya
F Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
F Menggunakan teknologi tersebut secara sederhana
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat simpulan tentang teknologi produksi masa lalu dan masa kini

Pertemuan 4
·        Kegiatan awal
-       Tanya jawab tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
·        Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan soal ulangan akhir bab/ulangan formatif
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menilai hasil pekerjaan murid

Pertemuan 5
-       Dalam pertemuan ke- 5 ini diberikan ulangan blok dari bab 7, 8, dan 9 dengan berbagai bentuk soal
VI. Alat dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga        :    Gambar bermacam-macam teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
§     Sumber               :    Buku IPS kelas IV   Pengarang Asy’ari, Penerbit Erlangga Tahun 2007.
                                                   Buku tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

VII. Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
§  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
§  Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
§  Membandingkan/membedakan jenis teknologi produksi pada                                                  masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan sekarang
§  Menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan                                             masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi                                             lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi                                             masa lalu dan masa kini
§  Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi                                     pada masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukkan peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan  sekarang
§  Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan                                             masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi                                             lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
§  Membandingkan/membedakan jenis teknologi transportasi         pada masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan sekarang
§  Menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan                                             masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi                                             lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi                                             masa lalu dan masa kini
Tertulis uraian
jawaban singkat
­      Jelaskan, membandingkan, mengelompokkan, menunjukkan, membedakan dan menggunakan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
­      Membuat kerupuk dengan tangan termasuk teknologi ....
­      Telepon yang tidak menggunakan kabel disebut telepon ....
­      Mobil, kereta api, dan pesawat termasuk teknologi ....
­      Salah satu ciri transportasi masa lalu adalah ....
­      Penemu telepon adalah ....


Mengetahui
Kepala SDP Uswatul Hayyat





Momo Mulawarman, S.E.I

Pengkolan,  09 Januari 2017
Guru Kelas IV





Fenia Marliana, S.Pd.I






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Plus Uswatul Hayat
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester          :   IV/II
Alokasi Waktu             :   12 jam pelajaran @ 35 menit
                                          Pertemuan minggu ke- 14 - 17 (4 minggu)
                                           Minggu terakhir pada jatah semester II

I.     Standar Kompetensi
2.  Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi

II.  Kompetensi Dasar
2.4  Mengenal permasalahan sosial di daerahnya

III. Tujuan Pembelajaran 
¨      Siswa dapat Mengenal permasalahan sosial di daerahnya

v  Karakter siswa yang diharapkan :
¨      Kreatif,  Kerja keras,  Gemar membaca

IV. Materi Pokok
§  Masalahan sosial 
Ada masalah sosial antara lainkemiskinan, kejahatan, kebodohan, kependudukan, dan masalah lingkungan hidup. Untuk mengatasi pemerataan kesempatan belajar, pemerintah menyelenggaraka wajar ( wajib belajar) 9 tahun.
Masyarakat yang cerdas dan terampil menjadi modal untuk maju. Masyarakat yang maju akan dengan mudah untuk diajak bekerja keras untuk melaksanakan pembangunan nasional. Sandang, pangan, papan yang berkecukupan menjadi tujuan hidup manusia.

V.  Kegiatan Pembelajaran  (Pertemuan 14 - 17)
Pertemuan 1
·       Kegiatan awal
-       Mengamati gambar kegiatan memperbaiki jembatan
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya di daerahnya
F Mengelompokkan kegiatan sosial budaya di daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merangkum pelajaran yang telah diterimanya

Pertemuan 2
·       Kegiatan awal
-       Tanya jawab yang berhubungan dengan materi pelajaran
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang manfaat kegiatan sosial budaya di daerahnya
F Menjelaskan akibat bencana alam terhadap kegiatan sosial budaya masyarakat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan penjelasan guru

Pertemuan 3
·       Kegiatan awal
-       Melalui gambar murid menunjukkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya masyarakat
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial dan budaya
F Menunjukkan tempat kegiatan sosial budaya tersebut
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mendiskusikan dengan kelompoknya kegiatan sosial budaya di masyarakat

Pertemuan 4
·       Kegiatan awal
-       Tanya jawab materi pelajaran
-       Melalui pengamatan anak dapat membedakan kegiatan sosial dan budaya di masya kat
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat.
F ­Membedakan bentuk kegiatan sosial dan budaya di masyarakat
F Menceritakan tentang kegiatan sosial budaya di masyarakat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menjawab pertanyaan lisan dari gurunya

VI. Alat dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar kegiatan sosial (kerja bakti) dan budaya
§  Sumber          :   Buku IPS kelas IV   Pengarang Asy’ari, Penerbit Erlangga Tahun 2007.
                                Buku pendamping IPS kelas IV yang relevan

VII.  Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
§ Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
§ Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
§  Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-                                                  ten/kota, provinsi)
§  Mengelompokkan kegiatan sosial dan kegiatan budaya di daerahnya
§  Menjelaskan akibat terjadinya bencana alam dan pengaruhnya terhadap kegiatan masyarakat
§  Menjelaskan manfaat kegiatan sosial di daerahnya
§  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat
§  Menunjukkan tempat kegiatan sosial dan budaya di daerahnya
§  Membedakan kegiatan sosial dan budaya untuk anak-anak dan orang tua
§  Menceritakan kegiatan sosial dan budaya yang pernah dilihatnya di depan kelas atau kelompoknya
Tertulis uraian
jawaban singkat
­      Sebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-                                                  ten/kota, provinsi)
­      Jelaskan yang dimaksud lingkungan sosial!
­      Jelaskan dua akibat jika pertumbuhan penduduk tidak terkendali!
­      Jelaskan dua cara pemerintah dalam mengatasi kebodohan!
­      Jelaskan empat cara melindungi diri dari kejahatan!
­      Tuliskan tiga ciri keluarga miskin!


Mengetahui
Kepala SDP Uswatul Hayyat





Momo Mulawarman, S.E.I

Pengkolan,  09 Januari 2017
Guru Kelas IV





Fenia Marliana, S.Pd.I


No comments:

Post a Comment

Skincare Reglow

https://fenia.sahabatreglow.net/reglow/ Konsultasi/tanya