Thursday 24 January 2019

RESUME PENDIDIKAN IPS DI SD MODUL 1-5


RESUME PENDIDIKAN IPS DI SD
HAKIKAT, LANDASAN, DAN KURIKULUM PENDIDIKAN IPS DI SD

Pendahuluan
Hakikat dan Tujuan, Landasan, dan Perkembangan Kurikulu IPS bukanlah hal yang benar-benar baru. Namun, sebagai guru professional hakikatnya adalah menjadi agen pembaharuan yang berperan sebagai pemimpin dan pendukung nilai-nilai dalam masyarakat dan sebagai fasilitator dalam pembelajaran.  Menjadi guru IPS yang baik seorang guru diharapkan memiliki dasar-dasar pembelajaran IPS karena membelajarkan IPS di SD bukan berarti mengajarkan ilmu-ilmu sosial, melainkan membelajarkan konsep-konsep esensi ilmu sosial untuk membentuk peserta didik menjadi warga Negara yang baik.
Tujuan Pembelajaran Umum setelah mempelajari bahasan ini adalah kita diharapkan dapat  menganalisis Hakikat Pendidikan IPS SD.  Secara khusus dapat diperinci dalam bentuk perilaku sebagai berikut.
1.      Menjelaskan Hakikat dan Tujuan pendidikan IPS di SD.
2.      Menjelaskan Landasan Pendidikan IPS di SD
3.      Menjelaskan  perkembangan Kurikulum Pendidikan IPS di SD

KEGIATAN BELAJAR 1
Hakikat dan Tujuan Pendidikan IPS

Setiap orang sejak lahir, tidak terpisahkan dari manusia lain, khususnya dari kedua orang tuanya.  Sejak itu si bayi telah melakukan hubungan dengan orang lain.  Hubungan sosial telah terjadi.  Sesuai dengan penambahan umur dan pengalaman maka hubungan sosial itu semakin meluas.  Pengetahuan yang melekat pada diri seseorang itu dapat dirangkum sebagai “Pengetahuan Sosial”.  Pengalamannya di masyarakat dan bermasyarakat telah membentuk pengetahuan sosial dalam dirinya masing-masing. Sedangkan “Pengetahuan Sosial” secara resmi baru diketahui setelah kita secara formal bersekolah.
A.  HAKIKAT PENDIDIKAN IPS DI SD
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bukanlah disiplin ilmu melainkan suatu program pengajaran atau mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang kajiannya mengintegrasikan bidang ilmu-ilmu sosial (ilmu sejarah, ilmu geografi, ilmu ekonomi, dan ilmu sosiologi) dan humaniora (aspek norma, nilai, bahasa, seni, dan budaya)
Meskipun pengetahuan sosial sesungguhnya sudah melekat pada diri seseorang namun IPS perlu dipelajari dan diajarkan kepada peserta didik. Hal ini dikarenakan pengetahuan sosial alamiah itu belum cukup mengingat kehidupan masyarakat dengan segala persoalannya itu makin berkembang.  Untuk menghadapi perkembangan yang terus menerus tersebut diperlukan pendidikan formal, khususnya pendidikan IPS di sekolah.
B.   TUJUAN PENDIDIKAN IPS DI SD
Pendidikan IPS bertujuan “membina peserta didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepedulian sosial, yang berguna bagi dirinya sendiri serta bagi masyarakat dan negara”. Untuk merealisasikan tujuan ini maka proses pembelajaran IPS tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor) saja, melainkan meliputi juga aspek akhlak (afektif) dalam menghayati serta menyadari kehidupan yang penuh dengan masalah, tantangan, hambatan, dan persaingan.
Melalui pendidikan IPS peserta didik dibina dan dikembangkan kemampuan mental intelektualnya menjadi warga negara yang berketerampilan dan berkepedulian social serta bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.  Guru IPS di SD perlu memiliki wawasan tujuan dan arah yang hendaknya dipertimbangkan ketika mengembangkan materi pembelajaran.  Lima kriteria dalam mengembangkan materi pembelajaran yaitu Pembelajaran IPS di SD hendaknya:
-          Mengembangkan kemampuan memahami berbagai fenomena sosial yang akan berguna dalam proses pengambilan keputusan.
-          Mengembangkan kemampuan komunikasi social yakni keterampilan menangkap berbagai fenomena social.
-          Mengembangkan kemampuan dasar dalam memecahkan masalah social
-          Mengembangkan kemampuan sikap peka, tanggap, dan adaftif tetapi tetap kritis yaitu mampu menggunakan logika dan fakta dalam mengambil kesimpulan/keputusan. (mencari sebab, memprediksi, menganalisis, melihat keterpaduan berbagai fenomena serta menganalisis secara logis dan sistematis)
-          Mengembangkan kemampuan menganalisis masalah social secara terpadu.
Adapun fungsi IPS sebagai pendidikan yaitu:
-          Membekali peserta didik dengan pengetahuan social yang berguna yang dapat diterapkan sehari-hari,
-          Mengembankan keterampilan terutama keterampilan social, keterampilan intelektual, 
-          mengembangkan kepedulian social

KEGIATAN BELAJAR 2
Landasan Pendidikan IPS SD

A.     LANDASAN PENDIDIKAN IPS SEBAGAI PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU
1.      Landasan Filosofis: Memberikan gagasan pemikiran mendasar yang digunakan untuk menentukan objek kajian (domain) yang menjadi kajian pokok dan dimensi pengembangan Pendidikan IPS sebagai disiplin ilmu (aspek ontologis/bersifat kongkret), bagaimana cara, proses, atau metode membangun Pendidikan IPS hingga dapat menentukan pengetahuan mana yang dianggap benar, sah, valid, atau terpercaya (aspek epistemologis/hakikat rasional), tujuan dan manfaat dari pendidikan IPS ini (aspek aksilogis/nilai/bagaimana manusia menggunakan ilmunya).
2.      Landasan Ideologis: Sistem gagasan untuk memberi pertimbangan dan menjawab pertanyaan; (1) Keterkaitan antara das sein/fakta pendidikan IPS sebagai disiplin ilmu dengan das sollen/teori pendidikan IPS, (2) Keterkaitan antara teori-teori pendidikan dengan hakikat dan praksis etika, moral, politik, dan norma-norma perilaku dalam membangun dan mengembangkan pendidikan IPS.
3.      Landasan Sosiologis: Sistem gagasan mendasar untuk menentukan cita-cita, kebutuhan, kepentingan, kekuatan, aspirasi, serta pola kehidupan masa depan melalui interaksi social yang akan membangun teori/prinsip pendidikan IPS sebagai pendidikan disiplin ilmu.
4.      Landasan Antropologis: Sistem gagasan mendasar dalam menentukan pola, system, dan struktur pendidikan disiplin ilmu sehingga relevan dengan pola, system, dan struktur kebudayaan. Landasan ini memberikan dasar sosio-kultur masyarakat terhadap IPS sebagai pendidikan disiplin ilmu.
5.      Landasan Kemanusiaan: Sistem gagasan mendasar untuk menentukan karakter ideal manusia. Landasan ini penting karena pada dasarnya proses pendidikan adalah proses memanusiakan manusia.
6.      Landasan Politis: menentukan arah dan garis kebijakan dalam politik pendidikan dari pendidikan IPS.  Peran dan keterlibatan pihak pemerintah dalam landasan ini sangat besar sehingga tidak mungkin steril dari campur tangan birokrasi.
7.      Landasan Psikologis: menentukan cara-cara Pendidikan IPS membangun struktur tubuh disiplin pengetahuannya, baik dalam tataran personal maupun komunal berdasar entitas psikologisnya.
8.      Landasan Religius: tentang nilai-nilai, norma, etika, dan moral yang menjadi jiwa (ruh) yang melandasi Pendidikan IPS, khususnya di Indonesia.  Landasan religious diterapkan di Indonesia menghendaki adanya keseimbangan antara pengembangan materi yang bersumber dari intraceptive knowledge dengan extraceptive knowledge
B.       LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN IPS SD
1.        Landasan Filosofis Guru IPS dalam Perubahan Zaman
Untuk mengimbangi perkembangan dan kemajuan zaman, guru harus mampu melakukan seleksi aneka kecenderungan peserta didik dalam mengarahkan proses pembelajaran pendidikan IPS.  Guru harus pandai memanfaatkan kemajuan ini tetapi tetap dalam koridor kurikulum yang dipakai.
Ada dua aliran filsafat ekstremitas yakni sikap reaksioner (hati-hati dan takut pembaharuan) dan sikap radikal (sangat mendukung pembaharuan).  Menyikapi hal itu, guru IPS dapat menempati salah satu dari empat titik utama yang terletak diantara dua ekstremitas tersebut, yaitu:
a.       Perenialisme: keyakinan adanya kebenaran yang sifatnya abdi dan mutlak. (faham ini berakar pada filsafat Thomas Aquino)
b.      Esensialisme: faham bahwa ada hakikat minimum tertentu yang harus dipertahankan sekolah  (hasil endapan pengetahuan dan kebijaksanaan masa lampau) yang perlu diestafetkan.
c.       Progresivisme: faham bahwa sesuatu harus dilakukan secara ilmiah, dan sekolah sebagai pendahulunya. (faham John Dewey terhadap pragmatism)
d.      Rekonstruksionisme: mirip progresivisme tetapi lebih maju, secara kongkrit lebih mendekati tujuan ideal yaitu sekolah menjadi pelopor usaha pembaharuan masyarakat.
2.      Landasan Filosofis Pengembangan Kurikulum Pendidikan IPS SD
Penyusunan kurikulum pendidikan IPS di SD, langkah awalnya didasarkan pada penetapan landasan filsafat apa yang akan digunakan.  Perlu ditekankan bahwa landasan filosofis yan akan digunakan harus sesuai dengan corak budaya masyarakat.
Pendidikan IPS di SD merupakan suatu synthetic antara disiplin ilmu pendidikan dan disiplin ilmu social maka pengembangannya diarahkan untuk tujuan pendidikan khususnya pendidikan dasar.  Pada tahap penyajiannya harus disesuaikan dengan landasan edukatif pendidikan IPS di SD.  Artinya materi yang diberikan harus dilakukan proses penyederhanaan dengan mempertimbangkan psikologis atau tingkat kematangan peserta didik.
Berdasarkan uraian tersebut, factor dan unsur-unsur yang terkandung dalam pendidikan IPS bermuara pada tujuan. Dimana tujuan itu meliputi pengembangan intelektual, kemampuan individual serta peranannya dalam masyarakat. Dalam tradisi pengembangan kurikulum pendidikan IPS SD di Indonesia dipengaruhi berbagai aliran filsafat, diantaranya:
a.       Aliran filsafat esensialisme. Kecemerlangan ilmu harus menjadi kepedulian setiap generasi sebab hanya melalui penguasaan ilmu, masyarakat akan berkembang.  Pengaruh pemikiran filsafat ini adalah:
-          Pendidikan IPS disajikan secara terpisah dengan keilmuannya itu sendiri
-          Memandang bahwa sasaran utama sekolah adalah memperkenalkan peserta didik pada karakteristik dasar alam semesta yang sudah mapan dengan cara mewariskan budaya yang sudah berkembang sepanjang zaman.
-          Menempatkan peserta didik sebagai peserta yang menerima warisan nilai yang ditransmisikan guru.
b.      Aliran filsafat eklekitikisme.  Merupakan perpaduan antara esensialis dengan campur tangan kepentingan pendidikan.  Pendidikan IPS dikembangkan dalam bentuk pendekatan korelasi dan terpadu. 
c.       Aliran filsafat perenialisme.  Liberal arts artinya pengembangan intelektualisme didasarkan dan ditujukan untuk mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai luhur bangsa, berbicara tentang keagungan dan kejayaan bangsa.  Menghendaki adanya pewarisan nilai dari generasi ke generasi.  Menekankan pada transfer of culture.
d.      Aliran filsafat progressivisme.  Tujuan utama sekolah adalah untuk meningkatkan kecerdasan praktis yang membuat siswa lebih efektif dalam memecahkan berbagai masalah yang disajikan dalam konteks pengalaman siswa pada umumnya. 
e.       Aliran filsafat rekonstruksi social. Aliran ini memandang pendidikan sebagai wahana untuk mengembangkan kesejahteraan social. Sekolah harus diarahkan pada kepada pencapaian tatanan demokratis yang mendunia.

C.     LANDASAN OPERASIONAL PENDIDIKAN IPS SD
-       Bab III Pasal 2 UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Repulik Indonesia.
-       Permendiknas No. 22/2006 tentang standar isi
-       PP No. 19/2005 tentang Kelompok mata pelajaran
-       Kepmendiknas No. 22/2006 tentang KTSP

KEGIATAN BELAJAR 3
Perkembangan Kurikulum Pendidikan IPS SD

Kurikulum IPS SD Tahun 2006 dalam KTSP yang ditetapkan berdasarkan Kepmendiknas RI 22/2006 mempunyai karakteristik tersendiri karena tidak menganut istilah Pokok Bahasan (PB), Namun Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD).  Hal ini jauh lebih sederhana dengan jam pelajaran yang relative lebih sedikit.
Memberikan peluang yang luas bagi guru untuk berkreasi dalam pengembangan kurikulum yang mengacu pada pembelajaran IPS yang PAKEM.  Kurikulum 2006 lebih simple dan efektif, namun memiliki nuansa yang padat.  Kurikulum Pendidikan IPS SD Tahun 2006 bersifat hanya memberi rambu-rambu untuk kedalaman dan keluasan materi dalam mencapai KD yang diharapkan. Di dalam KD terdapat kata kerja operasional yang disarankan dan mengacu pada pembelajaran yang kreatif.  Kelas 1, 2, dan 3 dilaksanakan menggunakan pendekatan tematik sedangkan kelas 4 sampai 6 melalui pendekatan mata pelajaran.
Berbeda halnya dengan Kurikulum IPS tahun 1994 materi pelajaran ditata secara lebih terpadu dan lebih sederhana daripada materi Kurikulum IPS 1986 dan 1975 yang masih tampak berdiri sendiri-sendiri.  Materi Kurikulum 1994 merupakn korelasi antara berbagai disiplin ilmu penunjangnya.  Berbeda dengan kurikulum sebelumnya (1986, 1975, dan 1968).  Materi Kurikulum 1968 masih  berdiri sendiri dan merupakan broad-field antara Ilmu Bumi, Sejarah, dan Pengetahuan Kewarganegaraan.  Pada Kurikulum 1975 Pendidikan Kewarganegaraan dipisah menjadi PMP.  Pada Kurikulum 1994 PMP berganti nama menjadi PPKN.
Dari segi tujuan kurikuler, Kurikulum 1964/1968 menekankan pada moral.  Unsur moral tersebut terwadahi dalam bidang studi PMP/PPKN pada Kurikulum 1975, 1986, dan 1994.  Kurikulum 1986 dan 1994 sama-sama mempunyai 4 tujuan kurikuler.  Dari segi bahan ajar, Kurikulum 1994 tetap menggunakan Pendekatan Spiral. Khusus untuk sejarah mengunakan pendekatan periodisasi. Sejarah di Kurikulum 1986 tidak seluas kurikulum 1975 karena ada mata pelajaran PSPB.
 Dari segi alokasi waktu pada dasarnya tidak berbeda antara kurikulum 1986 dengan 1994, namun pada kurikulum 2006 relatif lebih sedikit yakni 3x35 menit.  Perbedaan yang lebih esensi ada pada jumlah PB. Kurikulum 1986 padat dan sarat materi sehingga keluasan materi terbatasi, sedangkan Kurikulum 1994 keluasan materi diserahkan kepada guru dan di Kurikulum 2006 lebih simple lagi.

Perbedaan Kurikulum IPS SD Tahun 1994 dan Kurikulum Tahun 2006
A.     Kurikulum tahun 1994
Dalam Kurikulum SD tahun 1994 lebih menekankan hal-hal berikut.
1.      Membaca, menulis dan berhitung
2.      Muatan lokal
3.      Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
4.      Wawasan lingkungan
5.      Pengembangan nilai
6.      Pengembangan keterampilan
B.     Kurikulum tahun 2006
Pada Kurikulum SD Tahun 2006 lebih menekankan hal-hal berikut.
1.      Kerangka Dasar
Kelompok Mata Pelajaran dibuat berdasarkan PP 19/2005 tentang SNP yang menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a.       Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
b.      Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
c.       Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d.      Kelompok mata pelajaran estetika;
e.       Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
2.      Prinsip Pengembangan Kurikulum
KTSP dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah berpedoman pada Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi serta panduan dari BSNP.  Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip:
a.       Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta lingkungannya.
b.      Beragam dan terpadu
c.       Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
d.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan
e.       Menyeluruh dan berkesinambungan
f.       Belajar sepanjang hayat
g.       Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
3.      Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
Dalam pelaksanannya digunakan prinsip-prinsip, yaitu:
a.       Didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik
b.      Dilaksanakan dengan menegakan lima pilar belajar
c.       Memungkinkan peserta didik mendapatkan pelayanan belajar yang optimal
d.      Dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai.
e.       Dilaksanaan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai dan memanfaatkan lingkungan sekitar.
f.       Dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, social dan budayanya
g.       Mencakup seluruh komponen kempetensi mata pelajaran, mulok, dan pengembangan diri.
4.      Struktur Kurikulum SD
Struktur kurikulum SD meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I s.d. kelas VI.  Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi.  Kurikulum SD memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.


MODUL 2
ESENSI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) IPS SD KELAS RENDAH

Kegiatan Belajar 1 Kegiatan Belajar 1
Peristiwa, Fakta, Konsep, Generalisasi Ilmu Sosial dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) IPS SD Kelas Rendah

 Adapun tujuan pembelajaran yang hendak dicapai oleh mata pelajaran IPS agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.      Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan
2.      Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuilir, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3.      Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
4.      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan kompetensi dalam masyarakat yang majemuk, baik ditingkat local, nasional, dan global (dunia).
Ruang Lingkup esensi materi dari Mata Pelajaran IPS menjadi aspek Ruang Lingkup esensi materi dari Mata Pelajaran IPS meliputi aspek-aspek :
1.      Geografi meliputi manusia, tempat, dan lingkungan.
2.      Sejarah meliputi waktu, keberanjuran, dan perubahan.
3.      Sosiologi meliputi sistem sosial dan budaya.
4.      Ekonomi meliputi perilaku ekonomi dan kesejahteraan
Secara lebih umum bahwa pelajaran IPS berkenaan dengan pengenalan dan pemahaman anak tehadap berbagai peristiwa yang terjadi pada masa kini, yaitu yang terkenal dengan isu-isu sosial.
Istilah isu sosial dapat diartikan sebagai kabar atau berita suatu peristiwa yang terjadi dan menyangkut pada aktivitas kehidupan manusia dimasyarakat serta tidak jelas asal usulnya, masih berupa desas-desus atau kabar angin.
Fakta berkaitan erat data. Ada pebedaan antara fakta dan Fakta berkaitan erat dengan data. Ada pebedaan antara fakta dan data.
Data itu bersifat objektif sedangkan fakta mengandung arti penafsiran seseorang jadi ada unsur subjektivitasnya. Perkembangan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu pengetahuan alam didasri oleh pengungkapan fakta dan data untuk selanjutnya sampai kepada konsep, generalisasi, teori, dan hokum. Jika digambarkan skematikanya sebagai berikut :
1.      Peristiwa
2.      Fakta/data
3.      Konsep
4.      Generalisasi
5.      Teori
6.      Hukum
A.     PERISTIWA
peristiwa dalam IPS secara sederhana adalah hal-hal yang pernah terjadi. Peristiwa atau kejadian ada yang bersifat alamiah seperti gunung meletus, tsunami, gempa bumi, gerhana matahari. Peristiwa bersifat insaniah yakni peristiwa yang berkaitan dengan aktivitas umat manusia seperti pembangunan jembatan, skandal korupsi, pemilu, krisis moneter inflasi, reformasi dsb. Peristiwa yang telah diuji kebenarannya itulah yang disebut fakta.
B.     FAKTA B. FAKTA
Secara harfiah kata ―fakta‖ berarti sesuatu yang telah diketahui atau telah terjadi benar dan merupakan kenyataan, realitas yang real, benar dan juga merupakan kenyataan yang nyata. Fakta dapat menyebabkan lahirnya teori baru, fakta juga merupakan alasan untuk mempertajam rumus teori baru yang ada bahkan fakta dapat mendorong untuk mempertajam rumusan teori yang telah ada.fakta bukan tujuan akhir dari pelajaran IPS.
Pengetahuan yang hanya bertumpu kepada fakta akan sangat terbatas sebab :
1.      Kemampuan kita untuk mengingatkan sangat terbatas
2.      Fakta itu bias berubah sesuai waktu misalnya tentang perubahan iklim suatu kota,dsb.
3.      Fakta hanya berkenaan dengan situasi khusus.
C.     KONSEP
Konsep adalah suatu istilah pengungkapan abstrak yang digunakan untuk tujuan mengklasifikasikan atau mengkatagorikan suatu kelompok dari suatu benda, gagasan atau peristiwa. Konseptualisasi adalah proses meningkatkan, mengiklasifikasi durian memberi nama pada sekelompok objek.
D.     GENERALISASI
Schuneke (1988 : 16) mengemukankan bahwa generalisasi merupakan abstraksi dan sangat terikat konsep. Cara mempermudah memahami generalisasi dalam hubungannya dengan konsep adalah dengan cara menelusuri proses terbentuknya generalisai. Dua konsep bisa dari disiplin ilmu sosial atau disiplin dari ilmu-ilmu sosial yang berbeda.
Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa generalisasi menunjukn adanya hubungn antara konsep dan berisi pernyataan bersifat umu, tidak terkait pda situasi khusus.
Ruang lingkup pelajaran IPS adalah sebagai berikut : Ruang lingkup pelajaran IPS adalah sebagai berikut : Pengajaran ilmu Ilmu Pengetahuan Sosial TPS yang tercakup dalam kurikulum mengikuti konsep : kekspanding Communities of man (Hana dalam Banks,1985:11). Kepada siswa diajarkan lingkungan kehidupan dari yang terdekat dengan dirinya yaitu keluarga, rumah,
kemudian berkembangan kelingkungan kehidupan yang lebih luas, sekolah RT/RW, desa, kota dan propinsi sendiri melalui aspek sosiologi, geografis, ekonomi dan sejarah.
E.      ASPEK LAINNYA DARI IPS MISALNYA SEJARAH
Sejarah memiliki konsep dasar waktu, Rochiati (2006:3) menganjurkan cara pendekatan melalui pendekatan keluarga. Dijelaskan bahwa jika anak sudah mengenal bilangan maka guru dapat menanyakan tanggal tahun kelahirannya. Kemudian menanyakan apakah siswa mempunyai kakak atau adik serta tahun kelahirannya masing-masing.
Cara untuk lebih mudah memberi pengertian tentang konsep diajarkan juga dengan visualisasi baik terhadap konsep yng konkret maupun konsep yang abstrak. Konsep-konsep dasar dari bidang keilmuan IPS untuk memudahkan pemahaman yang dikemukakan penjelasan Brank (1985: 249-404)
1.      Sosiologi, konsep-konsep dasarnya :
a.       Sosialisasi, proses yang ditempuh individu untuk menjadi anggota kelompoknya dengan cara belajar kebudayaannya dan peranannya.
b.      Peranan, peran yang dilakukan seseorang sebagai individu
c.       Norma dan sanksi, Norma adalah ukuran/tata cara yang membimbing perilaku, sedangkan sanksi adalah ganjaran/hukuman
d.      Nilai aspek-aspek dari kehidupan masyarakat dan budaya yang dianggap berharga.
e.       Gerakan nasional, Gerakan yang dilakukan sejumlah besar orang untuk memperbaiki atau melawan perubahan dimasyarakat.
f.       Masyarakat unit yang merdeka dan integrase dimana interaksi dan komunikasi.
2.      Ekonomi, konsep-konsep dasarnya :
a.       Kelangkaan keinginan manusia terbatas
b.      Produksi hasil proses pembuatan barang
c.       Saling ketergantungan ada situasi saling memerlukan
d.      Pembagian kerja berkenaan dengan pembagian garapan.
3.      Geografi, konsep-konsep dasarnya :
a.       Lokasi indentifikasi ruang dan tempat
b.      Interksi spasi hubungan antara suatu tempat dengan lainnya
c.       Pola special kota kedudukan kota sebagai pusat layanan
d.      Difusi kebudayaan berkaitan dengan penyebab pengaruh kebudayaan, Bahasa, pendidikan, etnik, agama, teknologi dll
4.      Sejarah, konsep-konsep dasarnya :
a.       Kontinuitas dan prubahan kejadian secara kronologis
b.      Waktu lampau peristiwa sejarah terjadi di masa lalu
c.       Kerjasama dan konflik proses proses timbulnya kerjasama manusia dalam usaha mencapai tujuan
d.      Nasionalisme wujud kepedulian masyarakat suatu Negara akan perlunya mengembangkan semangat kebangsaan.

Kriteria memilih konsep
Taba dalam banks (1985: 43) menyebutkan kriteria pemilihan konsep sebagai berikut :
1.      Validity konsep yang mewakili secara tepat disiplin ilmu
2.      Significance konsep yang bermakna
3.      Appropriateness konsep yang memiliki kelayakan/ kepantasan
4.      Durability tahan lama
5.      Balance memberikan keseimbangan dalam skop/kedalamannya.

KEGIATAN BELAJAR 2
NILAI, SIKAP DAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL (KEMAMPUAN ANALISIS, PERSONAL DAN SOSIAL KTSP IPS KELAS RENDAH

A.     NILAI DAN SIKAP DALAM KTSP IPS SD IPS SD DALAM KELAS RENDAH
Nilai berbeda dengan sikap. Nilai bersifat umum, utuh dan abstrak Dan mempengaruhi perilaku seseorang terhadap obje dan terhadap orang lain sedangkan sikap berkenaan dengan hak-hak yang khusus. Nilai merupakan ukuran bagi seseorang dan cita-citanya, tujuan hidupnya, aspirasi yang dinyatakan, sikapnya yang tampak, perasaannya yang diutarakan serta perbuatan yang dilakukannya. Dlam pendidikan nilai menyangkut ranah afektif, ini perlu diajarkan kepada siswa agar siswa mampu menerima nilai dengan sadar, mantap dan dengan nalar yang sehat. Harapannya, para siswa dalam mengembangkan kepribadiannya menuju jenjang kedewasaan memiliki kemampuan untuk memilih (dengan bebas) dan menentukan nilai yang menjadi anutnnya. Pengajaran nilai mmerlukan ―skill‖ dengan memperhatikan kesesuaian bahan pengajarn dengan kehidupan sehari-hari. Bahan acuan bukan hnya kepada kurikulum yang tertera dalam rencana forma tetapi juga kepada ―hidden curriculum‖ dengan mempertimbangkan pula potensi kemampuan anak.
1.      Arti sikap
Sikap memilii rumusan dan pengertian yang berbeda-beda karena sifatnya yang telah kompleks. Menurut Thursone sikap adalah eseluruhan dari kecendrungan dan perasaan, pemahaman, gagasan, rasa tkut, perasaan terancam dan keyakinan-keyakinan tentang sesuatu hal. Menurut rochman Natawijaya (1984 :20) sikap adalah kesiapan seseorang untuk memperlakukan sesuatu objek, di dalam kesiapan itu ada aspek kognitif, afektif dan kecenrungan bertindak. Kesiapan merupakan penilaian positif dan negative dengan intensitas berbeda dan bias berubah ubah.
2.      Kaitan Nilai dengan dengan Sikap
Sikap seseorang sangat ditentukan oleh nilai yang dianutnya. Sikap juga timbul karena banyak nilai (values). Kaitan nilai dengan sikap terkait dengan aspek-aspek yang terkandung di dalamnya.
Dari kajian para ahli dapat itegaskan sebagai berikut :
a.       Ada hubungan timbale balik antara nilai dengan kognitif
b.      Ada hubungan timbale balik antara afektif dengan kognitif
c.       Nilai mempengaruhi kesiapn seseorang untuk terwujudnya perilaku yang sesuai dengan tingkat pemahamannya dan penghayatan terhadap “belief” (kepercayaan).

B.     KETERAMPILAN INTELEKTUAL (KEMAMPUAN ANALISIS) PERSONAL DAN SOSIAL DALAM KTSP IPS SD KELAS RENDAH
Melalui proses kegiatan belajar mengajar yang tepat yang dikelola guru dengan terencana dan terprogram diharapkan hasil belajar siswa juga menghasilkan keterampilan-keterampilan sebagai berikut :
1.      Keterampilan intelektual atau kemampuan analisis
Keterampilan intelektual dan kemampuan analisis dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keterampilan dan kemampuan/kecakapan ini meliputi :
a.       Keterampilan memperoleh pengetahuan dsan informasi
b.      Keterampilan berfikir, menafsirkan menganalisis dan mengoranisasikan informasi yang dipilih dari berbagai sumber
c.       Kemampuan mengkritik informasi dan membedakan fakta dan opini
d.      Kemampuan membuat keputusan
e.       Keterampilan memecahkan masalah
f.       Keterampilan menggunakan media
2.      Keterampilan Keterampilan Personal Personal Keterampilan ini tidak dapat dipisahkan dari keterampilan intelektual hanya pemahamannya ditekankan kepada keterampilan yang sifatnya mandiri. Sifat-sifat tersebut antara lain :
a.       Bersifat praktis atau keterampilan psikomotor
b.      Keterampilan studi dan kebiasaan kerja
c.       Keterampilan bekerja dalam kelompok
d.      Keterampilan akademik atau keterampilan belajar (continuing learning skills)
e.       Keterampilan lainnya, antara lain :
1)      keterampilan fisik,
2)      keterampilan politik,
3)      keterampilan pengembangan emosional (motional growth)
3.      Keterampilan Sosial
Keterampilan ini meliputi kehidupan dan kerjasama, belajar member dan menerima tanggung jawab, menghormati hak-hak orang lain, membina kesadaran sosial. Dengan ni siswa diharapkan mampu berkomnikasi dengan sesame manusia, lingkungannya di masyarakat secara baik, hal ini merupakan realisasi dari penerapan IPS dalam kehidupan bermasyarakat. Latihan dan pembinaan yang tampak dalam proses pembelajaran antara lain, mampu melaksanakan dengan baik:
a.       Berdiskusi dengan teman
b.      Bertanya kepada siapa pun
c.       Menjawab pertanyaan orang laun
d.      Menjelaskan kepada orang lain
e.       Membuat laporan
f.       Memerankan sesuatu
g.       Dst. (Belen dan kawan-kawan, 1990:348)

KEGIATAN BELAJAR 3
CONTOH KETERKAITAN ANTARA PERISTIWA, FAKTA, KONSEP, GENERALISASI, NILAI, SIKAP DAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL, PERSONAL, SOSIAL DALAM KONTEKS PENDIDIKAN IPS SD KELAS RENDAH

Keterkaitan antara peristiwa, fakta, konsp dan generalisasi digunakan untuk mengorganisasikan komponen-komponen isi bahan pengajaran yang disampaikan guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Hubungan antara peristiwa, fakta, konsep, generalisasi dan bahan pengajaran tersebut bersifat timbale balik. Hal yang memberikan makna kepada peristiwa, fakta, konsep dan generalsasi yaitu guru d dalam bahan pengajaran mempersiapkan isi materi yang bersifat terperinci, contoh-contoh, gambaran-gambaran yang member dukungan, serta aneka ragam pengalaman. Isi bahan pengajaran pun akan lbih mudah dipahami dan lama diingat jika materi berfokus kepada gagasan-gagasan kunci, seperti konsep dan generalisasi. IPS memiliki kekuatan sebagai bidang studi jika didukung oleh peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang meaningfui dapat dipertanggungjawabkan etika, logika, ada gunanya (pragmatically) dan disusun/ diorganisasikan secara baik, terintegrasi dan values based (berlandaskan nilai-nilai) penyajiannyapun harus mengandung unsure yang ―menantang‖ dan membangkitkan minat dan sikap positif serta aktivitas siswa, selain itu IPS harus berkontribusi bagi pengembangan kemampuan dan keterampilan siswa dalam segala aspek kehidupan, baik ketrampilan intelektual, personal maupun sosial. Penyelenggaraan IPS harus didukung oleh fakta-fakta yang actual dan disajikan berdasarkan konsep dan dilandasi oleh nilai-nilai yang berguna bagi kehidupan masyarakat manusia, berkontribusi bagi pembentukan sikap dan keterampilan yang mendukng pembangunan masyarakat dan bangsanya. Guru bertanggung jawab sebagai pengembang kurikulum untuk mengolah materi IPS. Guru pun harus mampu menyusun bahan pengajarannya dan menyampaikannya kepada siswa melalui kegiatan belajar mengajar yang tepat. Dalam perkembangannya, pengajartan IPS terletak di dalam kemampuannya untuk mengungkapkan sesuatu meaningful, vales based, terintegrasi, menantang (challenging) dan aktiva. Artinya, materi IPS harus berlandaskan nila, mengungkapkan fakta dan materi secara keseluruhan yang esensial, terpadu.

MODUL 3
ESENSI KURIKULUM IPS SD BERDASARKAN KTSP 2006 KELAS TINGGI

Kegiatan Belajar 1
Peristiwa, Fakta, Konsep, Generalisasi Ilmu-Ilmu Sosial Dalam Kurikulum SD (KTSP) tahun 2006 Kelas Tinggi

Peristiwa dan fakta harus diletakkan dalam hubungannya dengan konsep dan generalisasi. Peristiwa dan fakta memberikan bahan baku utama bagi pembentukkan konsep dan generalisasi. Konsep dan generalisasi membantu kita untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang kerangka berfikir IPS, agar kita memiliki cara yang teratur untuk menerjemahkan apa yang terjadi didunia kita ini, didalam kehidupan manusia ini.
HUBUNGAN ANTARA FAKTA, KONSEP DAN GENERALISASI
Dari gambaran diatas jelas bahwa suatu peristiwa merupakan dasar dari kegiatan belajar mengajar IPS dimulai. Guru dan siswa harus aktif menjemput peristiwa ini dan mengolahnya menjadi content, isi bahan pengajaran. Dalam proses pengolahan menjadi bahan pengajaran itulah berfungsinya fakta, konsep, dan generalisasi sehingga guru dapat mengorganisasikan bahan pengajaran IPS. Jadi skkenario dari alur pengembangan peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi sehingga guru dapat mengorganisasikan bahan pengajaran IPS. Jadi scenario dari alur pengembangan fakta, konsep, dan generalisasi, sesungguhnya sudah ditangan guru, dan dijadikan sebahai bahan dalam perencanaan kegiatan belajar mengajar dikelas. Contohnya sebagai berikut: Topik: Zaman Pendudukan Jepang PERISTIWA yang dapat kita ungkapkan adalah Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. FAKTA nya melalui gambar Soekarno-Hatta, foto bersejarah dll. KONSEP nya Imperialisme, Penindasan, Ampera GENERALISASI nya penjajahan selalu menimbulkan penderitaan bagi rakyat, tidak ada bangsa yang senang dijajah dll.

 


KEGIATAN BELAJAR 2
NILAI DAN SIKAP, KETERAMPILAN INTELEKTUAL/KEMAMPUAN ANALISIS, PERSONAL, DAN SOSIAL DALAM KURIKULUM IPS SD 2006 KELAS TINGGI

A.     NILAI DAN SIKAP DALAM KURIKULUM IPS SD 2006 DI KELAS TINGGI
1.      Nilai
Nilai mempengaruhi perilaku seseorang terhadap jumlah objek dan terhadap orang, tidak berkenaan dengan sesuatu yang khusus. Inilah yang membedakan nilai dan sikap. Suatu nilai merupakan ukuran untuk menentukan apakah itu baik atau buruk, nilai juga menilik kelakuan seseorang. Orang mendapatkan nilai dan orang lain dalam lingkungannya.
a.       Nilai yang dianut seseorang tercermin dari sikapnya. Nilai bersifat utuh, merupakan sistem dimana semua jenis nilai terpadu saling mempengaruhi. Dengan kuat sebagai satu kesatuan yang utuh.
b.      Nilai juga bersifat abstrak. Oleh karena itu, yang dapat dikaji hanya indikatorindikatornya saja yang meliputi cita-cita, tujuan yang dianut seseorang, aspirasi yang dinyatakan, sikap yang ditampilkan atau tampak, perasaan yang diutarakan, perubahan yang dilakukan serta kekuatiran yang dikemukakan (Kosasih Djahiri, 1985: 18)
1)      Nilai Material, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi unsur jasmani manusia
2)      Nilai Vital, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk mengadakan kegiatan.
3)      Nilai Kerohanian, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia.
2.      Sikap
Sikap memiliki pengertian yang rumit karena itu tedapat berbagai rumusan tentang sikap yang dikemukakan para ahli, disebabkan adanya latar belakang pemikiran dan konsep yang berbeda. Menurut Thursone adalah keseluruhan dari kecenderungan perasaan, pemahaman, gagasan, dan rasa takut, perasaan terancam, dan keyakinan-keyakinan tentang sesuatu hal. Menurut Rochman Natawijaya (1984: 20) sikap adalah kesiapan seseorang untuk memperlakukan sesuatu objek, didalam kesiapan itu ada aspek kognitif, afektif, dan kecenderungan bertindak. Kesiapan sendiri merupakan penilaian positif dan negatif dengan intensitas yang berbeda-beda untuk waktu tertentu, kesiapan itu sendiri bias berubah-ubah. Nilai itu merupakan konsep tentang kelayakan yang dimiliki seseorang atau kelompok memiliki cara, tujuan, dan perbuatan yang dikehendakinya sesuai dengan anggapannya bahwa pilihannya adalah yang terbaik. Nilai yang dimiliki seseorang dapat mengekspresikan mana yang lebih disukai mana yang tidak. Dapat disimpulkan bahwa nilai menyebabkan sikap. Yang selalu terjadi adalah satu sikap disebabkan oleh banyak nilai (values).

Didalam sikap telah terkandung aspek-aspek kognitif, afektif, dan kecenderungan bertindak. Dapat disimpulkan terdapat kaitan antara nilai dengan aspek-aspek kognitif, aspek afektif, dan kecenderungan bertindak. Dari kajian para ahli dapat ditegaskan sebagai berikut :
1.      Adanya hubungan timbal-balik antara nilai dan kognitif
2.      Adanya hubungan timbal-balik antara afektif dengan kognitif
Nilai mempengaruhi kesiapan seseorang yang pada akhirnya akan menuju kepada terwujudnya perilaku yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan penghayatan terhadap belief (keyakinan).
Nilai dan sikap yang terdapat pada mata pelajaran IPS berdasarkan kurikulum 2006 Berikut ini kita ambil beberapa contohnya:
Kelas 5 Kelas 5 Topik 1 Keragaman penampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia.
Nilai yang kita dapat kita petik dari bahan pegajaran ini atara lain :
1.      Nilai Nilai Material Material Siswa merasa telah dapat menikmati hasil-hasil pembangunan yang sedang dan terus digalakan, antara lain karena dukungan sumber daya alam tanah air kita yang melimpah.
2.      Nilai Nilai Vital Vital Siswa diharapkan memiliki sifat-sifat seperti berikut ini :
a.       Cermat (dalam meneliti informasi tentang yang diterimanya)
b.      Tekun (dalam mempelajarinya)
c.       Aktif (dalam mengumpulkan informasi dan dalam kegiatan belajar pada umumnya)
d.      Dan seterusnya.
3.      Nilai Nilai Kerohanian Kerohanian
Siswa memiliki rasa seperti berikut :
a.       Syukur kepada tuhan YME atas rahmat dan karunianya yang telah memberikan kepada kita tanah air yang subur dan indah.
b.      Menjunjung kebenaran sebagai syarat utama informasi disampaikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
c.       Menikmati keindahan alam yang diberikan tanah air kita.
d.      Rasa tanggung jawab atas kelestarian ala mini (tanggapan terhadap kelestarian alam)
e.       Dst.
Sikap yang dapat diungkapkan, misalnya berikut ini :
a.       Sikap yang bersyukur kepada tuhan YME disertai kecenderung perilaku yang positif terhadap anugerah yang dilimpahkannya kepada kita.
b.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
c.       Kritis dalam menanggapi gejala-gejala alam.
d.      Bertangggung jawab dalam melaksanakan tugas e. Mencintai bangsa Indonesia
e.       Dan seterusnya.

B.     KETERAMPILAN INTELEKTUAL/KEMAMPUAN ANALISIS, ANALISIS, PERSONAL DAN SOSIAL DALAM KURIKULUM IPS SD TAHUN 2006 KELAS TINGGI
Dalam KTSP IPS SD tahun 2006, dalam keterampilan intelektuan ditekankan pula tentang kemampuan analisis dari siswa didik. Keterampilan intelektual dan kemampuan analisis adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kemampuan analisis merupakan bagian dari keterampilan intelektual, dimana kemampuan analisis merupakan kemampuan/kecakapan seseorang/siswa untuk melakukan penyelidikan terhadap suatu peristiwa dengan tujuan untuk mengetahui keadaan sebenarnya.
Keterampilan itu ada tiga bagian :
1.      Keterampilan Intelektual/Kemampuan Analisis, Keterampilan berfikir
2.      Keterampilan Personal
Keterampilan personal sebenarnya tidak dapat dipisahkan dari keterampilan intelektual. Namun, dalam pemahamannya, ditekankan kepada keterampilan yang sifatnya mandiri. Keterampilan ini ada yang bersifat praktis disebut juga keterampilan psikomotor, seperti keterampilan berbuat. Berlatih serta mengkoordinasi indera dan anggota badan. Keterampilan praktis ini tampak dalam hal kemampuan siswa menggambar, membuat peta, membuat model dan sebagainya. Keterampilan studi dan kebiasaan kerja.
3.      Keterampilan Sosial
Keterampilan Sosial Keteraampilan itu meliputi kehidupan dan kerja sama, belajar memberi dan menerima tanggung jawab, menghormati hak-hak orang lain, membina kesadaran sosial. Siswa mampu berkomunikasi dengan sesama manusia, lingkungan dimasyarakat secara baik, hal ini merupakan realisasi dari penerapan IPS dalam kehidupan bermasyarakat.
Disamping dilatih kemampuannya dalam berbagai kemampuan tersebut, yang perlu dipertimbangkan guru adalah bagaimana guru mendorong siswa untuk lebih gemar membaca, mencari dan mengolah informasi sesuai dengan kemampuan siswa agar memiliki kebiasaan untuk memahami struktur bahan pengajaran, mengerti istilah-istilah yang sulit/baru, mengikuti perkembangan jaman, dan sebagainya.
Diharapkan akan tumbuh kesadaran dari mereka, tujuan mereka membaca/mempelajari materi kajian. Bersikap kritis terhadap bahan kajian. Bersikap kritis terhadap apa yang sudah dipelajarinya, sehimggaia merasa memiliki kemampuan untuk memberikan kesimpulan dan keputusan.

KEGIATAN BELAJAR 3
CONTOH KETERKAITAN ANTARA PERISTIWA, FAKTA, KONSEP, GENERALISASI, NILAI, SIKAP DAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL/KEMAMPUAN ANALISIS, PERSONAL, SOSIAL DALAM KONTEKS PENDIDIKAN IPS SD KELAS TINGGI

Peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi itu ada keterkaitan hubungan yang tidak mungkin dipisahkan. Kesempatannya terpadu didalam struiktur IPS. Melalui proses belajar mengajar IPS yang demilkian itu, juga dikembangkan
kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik (keterampilan) dalam KBM secara jelas kemampuan guru sebagai pengembangan kurikulum di lapangan direalisasikan dan dapat diamati seara faktual.
Contoh KBM yang dapat mmenunjukan adanya keterkaitan antara peristiwa, fakta, konsep, generalisasi, nilai, dan keterampilan siswa.
Topik 1          : perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan jepang.
KD                : mendeskripsikan perjuang penjajahan Belanda dan Jepang.
Indikator       : siswa mengenal arti pergerakan nasional dan arti Sumpah Pemuda bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Ranah kognitif,
setelah mempelajari topiK ini siswa diharapkan dapat:
1.      Menceritakan latar belakang timbulnya penrgerakan national, serta tokoh-tokohnya.
2.      Menerangkan peristiwa sumpah pemuda.
3.      Menceritakan tokoh-tokoh yang berperan dalam sumpah pemuda.
4.      Menunjukan arti pergerakkan nasional dan sumpah pemuda bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Ranah afektif
1.      Menghayati jasa para pelopor pergerakkan nasional.
2.      Mengapresiasi jiwa sumpah pemuda.
Ranah psikomotor
1.      Mencoba melakukan wawancara untuk memahami makna zaman pergerakkan nasional dan tokoh-tokoh tertentu
2.      Memahami makna sumpah pemuda melalui proses diskusi kelas.
Peristiwa sebagai bahan kajian: Peristiwa hari kebangkitan nasional dan sumpah pemuda

Fakta-fakta sebagai bahan kajian: Fakta-fakta sebagai bahan kajian:
1.      Gambar-gambardari tokoh-tokoh bersejarah
2.      Naskah sumpah pemuda
3.      Gambar gedung-gedung bersejarah bagi pergerakkan nasional
4.      Gambaran suasana kota Jakarta pada zaman penjajahan.
Konsep: Konsep:
1.      Nasionalisme, imperialism, dan konolialisme
2.      Kaum pergerakan, persatuan bangsa, kemerdekaan, dominasi asing, patriotism, organisasi politik, HAM, dan seterusnya.

Generalisasi:
1.      Setiap masyarakat manusia pasti mengalami perubahan
2.      Penjajahan selalu menimbulkan konflik dan kesengsaraan.

Nilai:

Nilai material :
Peserta didik merasa telah menikmati hasil kemerdekaan.

Nilai Vital:
1.      Cermat dalam meneliti ulasan sejarah
2.      Objektif dalam menilai informasi
3.      Kreatif dalam memprediksi

Nilai Kerohanian
1.      Bersyukur kepada Tuhan YME atas rahmat-Nya dan seterusnya
2.      Rasional dalam berargumentasi.
3.      Memiliki empati terhadap pengorbanan para pahlawan
4.      Rasa tanggung jawab atas nikmat kemerdekaan dan seterusnya.

Sikap:
1.      Bersyukur kepada Tuhan YME disertai rasa tanggung jawab
2.      Tanggap terhadap perkembangan zaman 3. Bersikap terbuka dan toleransi terhadap pendapat orang lain
3.      Bangga sebagai bangsa Indonesia dan mencintai bangsa dan tanah airnya dan seterusnya

Keterampilan Intelektual/Kemampuan Analisis:
1.       Melukiskan, menyimpulkan, menganalisis informasi, konseptualisasi, generalisasi dan membuat keputusan.
2.      Memperoleh informasi, membentuk konsep, generalisasi, mengorganisasikan informasi, mengkritik informasi, mengambil keputusan, menafsirkan fakta, menyusun laporan.

Keterampilan personal: Keterampilan personal:
1.      Membaca peta, membuat denah, membuat peta, mengenal waktu, dan kronologis, menterjemahkan konsep waktu, bekerja dalam kelompok
2.      Keterampilan praktis (membuat peta dan lain-lain), belajar mandiri, memimpin dalam diskusi, mengendalikan emosi dan lain-lain

Keterampilan sosial:
Berkontribusi memberikan gagasan, menjadi pendengar yang baik, mampu menjelaskan, mampu mengadakan wawancara, mampu berperan dengan baik, mampu bertanya dengan baik, dll.

 
MODUL 4
ISU DAN MASALAH SOSIAL BUDAYA DALAM PENGAJARAN IPS

KEGIATAN BELAJAR 1
TREN GLOBALISASI DAN KERAGAMAN BUDAYA

A.    GLOBALISASI
            Globalisasi artinya suatu keadaan atau kondisi dimana isu dan masalah-masalah yang ada menyangkut berbagai bangsa dan Negara atau bahkan seluruh dunia. Pendidikan global mengangkat persamaan daripada perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh berbagai bangsa. Memberikan penekanan berpikir tentang kesetiaan kepada bumi tempat kita semua hidup. Masalah-masalah dan isu-isu yang sifatnya global, seperti berikut:
1.      Krisis energy: kandungan minyak bumi yang tersisa, masalah harga sumber energy pengganti.
2.      Jarang antara Negara kaya dan miskin, yang melatarbelakangi lahirnya beberapa organisasi kerja sama bilateral dan regional.
3.      Kepadatan penduduk yang mendorong urbanisasi serta kemiskinan
4.      Populasi seluruh lingkungan bumi, seperti kerusakan hutan dan pencemaran.
5.      Perang nuklir
6.      Perdagangan internasional, siap dengan persaingan harga dan kualitas
7.      Komunikasi. Perkembangan media komunikasi menghilangkan batas-batas Negara. Penggunaan internet bisa memperoleh informasi tanpa ada batasan
8.      Perdagangan obat terlarang.

Hidup bersama haruslah disadari oleh kesadaran di samping ada kesamaan, ada pula perbedaan. Pendidikan global menonjolkan persamaan daripada perbedaan yang menuju suatu konflik ataupun ketidakharmonisan di muka bumi.

B.     KERAGAMAN BUDAYA
            Keanekaragaman budaya sebagai suatu keadaan dimana suatu masyarakat memiliki lebih dari satu perangkat gagasan, tindakan, dan hasil karya (Koentjaraningrat, 1980: 193). Menurut Koentjaraningrat pembauran adalah proses sosial yang timbul apabila ada hal-hal berikut ini:
1.      Golongan-golongan manusia dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda.
2.      Saling bergaul secara intensif untuk waktu yang lama
3.      Kebudayaan-kebudayaan golongan         tadi masing-masing berubah sifatnya yang khas dan unsur-unsurnya berubah wujud menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran.


Faktor-faktor yang menghambat proses pembauran:
1.      Kurang pengetahuan terhadap kebudayaan yang dihadapi
2.      Sifat takut terhadap kekuatan dari kebudayaan lain atau inferioritas
3.      Memandang terlalu tinggi terhadap kebudayaan sendiri dan memandang rendah terhadap kebudayaan lain atau perasaan superioritas

C.     GLOBALISASI DAN KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA
            Derasnya arus informasi ke Indonesia memberikan keuntungan-keuntungan, misalnya penyerapan Ilmu pengetahuan lebih cepat. Peristiwa penting diseluruh dunia bisa diketahui dengan cepat. Trend globalisasi terakhir yang melanda Indonesia adalah penggunaan jaringan Internet dalam telekomunikasi. Media global memberikan manfaat bagi Indonesia sekaligus dampak negatifnya terutama dikalangan generasi muda. Dampak negative yang bisa dilihat, diantaranya meningkatnya penggunaan obat terlarang dikalangan muda.

D.    PEMBELAJARAN IPS DALAM GLOBALISASI DAN KERAGAMAN BUDAYA
            Pelajaran IPS dalam proses pembelajarannya harus mampu mengembangkan sikap hormat dan menghargai akan tanggung jawab sebagai warga Negara sekaligus menerima keanekaragaman budaya di dalamnya. Pengajaran keanekaragaman dalam IPS mengandung tujuan sebagai berikut:
1.       Mentranformasikan bahwa sekolah memberikan pengalaman dna kesempatan yang sama kepada semua siswa
2.       Membimbing siswa mengembangkan sikap positif dalam nedekati masalah perbedaan budaya, ras, etnik, dan kelompok agama
3.       Mendorong siswa untuk tidak jadi kelompok yang dirugikan dengan cara memberikan keterampilan dalam mengambil keputusan dan mengembangkan sikap-sikap social
4.       Membimbing siswa mengembangkan kemampuan memahami keterhubungan dan ketergantungan budaya

Pengajaran globalisasi dalam IPS mengandung tujuan:
1.       Menanamkan pengertian bahwa mereka berbeda tetapi memiliki kesamaan-kesamaan.
2.       Membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan pemahaman bahwa bumi dihuni oleh manusia yang memiliki saling ketergantungan
3.       Membantu siswa memahami kenyataan bahwa ada masalah-masalah yang dihadapi bersama
4.       Membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis terhadap masalah-masalah dunia

Kegiatan Belajar 2
Masalah – masalah Lingkungan dan Pendidikan Lingkungan

Lingkungan hidup (environment) menurut UU RI no 4 tahun 1982 tentang ketentuan-ketentuan pokok lingkungan hidup dapat didefinisikan sebagai kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk didalamnya manusia dan prilaku yang mempengaruhi kelangsungan prikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
 Aspek-aspek yang termasuk ke dalam konsep lingkungan hidup, meliputi 5 hal yaitu:
1.      Lingkungan abiotic, yaitu segala sesuatu yang ada disekitar makhluk hidup yang bukan berupa organisme hidup. Misalnya tanah, mineral, udara dan gas, air dll
2.      Lingkungan biotik yaitu: segala sesuatu yang ada disekitar makhluk hidup yang berupa organisme hidup. Misalnya mikroorganisme, binatang, tumbuhan, manusia dll.
3.      Lingkungan alam, yaitu: kondisi alamiah baik secara biotik amupun abiotic yang belum banyak dipengaruhi oleh tangan tangan manusia.
4.      Lingkungan social, yaitu: manusia baik secara individu maupun kelompok yang ada diluar dirinya
5.      Lingkungan budaya, yaitu: segala sesuatu baik secara materi maupun non materi yang dihasilkan oleh manunsia melalui proses penciptaan rasa, karsa dan karyanya.
Menurut Nursid Sumaatmaja (1989:46-65), seorang ilmuwan yang geografi dari FPIPS Bandung, setidaknya ada empat masalah yang berkaitan dengan lingkungan hidup manusia, yaitu:
1.      Perkembangan populasi manusia yang cepat
2.      Daya dukung lingkungannya yang tidak memadai
3.      Keterbatasan daya dukung lingkungan hidup dan kemampuan manusia
4.      Ketimpangan hidup itu sendiri
Langkah-langkah menangani masalah tersebut dapat berupa pikiran yang konsepsional dan tindakan praktis yang professional sehingga kelestarian dan keselarasan lingkungan dalam hubungannya dengan lingkungan hidup manusia dapat terjaga.
Pendidikan Ekologi yaitu pendidikan yang mengkaji dan memfokuskan dirinya pada masalah lingkungan hidup. Dengan pendidikan ekologi diharapkan tumbuh kesadaran, pengetahuan, pemahaman, sikap, perilaku yang lebih mencintai, mewarisi, memelihara dan memanfaatkan lingkungan hidup manusia secara professional dan wajar. Tujuan Pendidikan Ekologi yaitu untuk mengembangkan disiplin ilmu itu sendiri, dan aktualisasi yaitu lingkungan untuk kepentingan bersama dalam hubungannya dengan lingkungan alam sekitar.


Kegiatan Belajar 3 :
Masalah – masalah Hukum Ketertiban  dan Kesadaran Hukum

Masalah Hukum yaitu masalah yang timbul akibat terganggunya kepentingan atau hak salah satu individu atau kelompok lain sehingga diperlukan jalur keluar (solusi) yang bersifat mengikat kedua belah pihak.
Ketertiban yaitu suatu keadaan yang menunjukan adanya patokan, aturan atau pedoman maupun petunjuk yang berlaku dan ditaati oleh setiap individu didalam pergaulan antara pribadi atau golongan (masyarakat).
Kesadaran Hukum yaitu suatu sikap individu untuk menerima dengan rela dan bertanggung jawab terhadap konsekuensi dari peristiwa hokum yang
terjadi. Peristiwa hokum disini yaitu peristiwa yang dapat menimbulkan akibat hukum.
Hubungan masalah hukum, ketertiban, dan kesadaran hukum dengan pendidikan IPS yaitu sangat berhubungan karena diantaranya memberikan kontribusi yang besar terhadap pembentukan warga Negara yang baik karena pada hakikatnya IPS bertujuan membentuk warga Negara yang baik, melalui pemahaman terhadap pengetahuan dan kemampuannya didalam berinteraksi secara positif dan akti dengan lingkungannya. Didalam interaksi dengan lingkungan itulah aspek-aspek tentang hokum, ketertiban dan kesadaran hokum penting dimiliki oleh siswa sebagai anggota masyarakat.

Kegiatan Belajar 4 :
Masalah-masalah Kesadaran Hukum dan Pendidikan Kesadaran Hukum Warga Negara

Manusia meripakan makhluk social artinya makhluk yang senantiasa berhubungan dengan yang lainnya. Kedudukan manusia sebagai makhluk social berimplikasi bahwa manusia tidak dapat hidup menyendiri. Dalam interaksi dengan sesama, manusia akan terbentuk menjadi sebuah kelompok yaitu masyarakat.
Dalam berinteraksi dengan lingkungan fisik maupun social, manusia senantiasa ada aturan tersebut. Hukum ini perlu diterapkan agar tercapai kehidupan yang tertib, aman, adil, serasi, seimbang dll.
Penanaman kesadaran hukum Negara dapat dilakukan melalui proses pendidikan. Dalam proses pendidikan dilakukan dengan mengintegrasi atara pengetahuan nilai dan skill pada diri siswa.
 Apabila dikaitakan dengan pendidikan IPS, penanaman kesadaran hokum dapat dilakukan dengan pendekatan multidisipliner. Kurikulum yang diterapkan yaitu dengan pendekatan integrase dan korilasiterhadap permasalahan-permasalahan sehari-hari yang dianggap oleh siswa. Dengan demikian guru IPS harus memiliki pengetahuan yang luas.

 
MODUL 5
PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Kegiatan Belajar  1
Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran IPS SD

Karakteristik pembelajaran di SD secara umum merupakan pendidikan kognitif sebagai dasar persitifasi social. Artinya, pusat perhatian utama pembelajaran IPS adalah pengembangan murid sebagai aktor sosial yang cerdas. Menurut Kurikulum Pendidikan Dasar 1994, esensi tujuan pengajaran IPS di SD adalah kemampuan dan sikap rasional yang bermuara pada pembentukkan individu sebagai aktor sosial yang cerdas. Aktor sosial yang cerdas tidak lain dari anggota masyarakat yang matang secara rasional dan secara emosional atau cerdas tidak lain secara rasional dan emosional. Pendekatannya yaitu berorientasi pada proses penelitian dan proses konseptualisasi. Pendekatan yang berorientasi pada proses penelitian dikenal sebagaipendekatan inquiri. Pendekatan yang berorientasi pada proses pemahaman dan penggunaan factor, konsep, generalisasi dan teori. Proses konseptualisasi ini erat kaitannya dengan proses asimilasi, akomodasi dan ekuilibrasi dalam pikiran kita. Oleh karena itu seseorang akan dapat meningkatkan isi dan dinamika schemata dalam pikirannya. Proses penelitian dan proses konseptualisasi merupakandua pendekatan kognitif,dimana satu laman lain mengisi. Proses konseptualisasi di perlukan dalam proses penelitian pada saat melakukan deduksi dan mendefinisikan istilah serta pada saat penarikan kesimpulan. Sebaliknya proses konseptualisasi terutama pada saat penerusan generallisasi dan teori.
  1. Menurut kurikulum Pendidikan Dasar 1994, esensi tujuan pengajaran IPS di SD adalah pengembangan kemampuan dan sikap rasional yang bermuara pada pembentukan individu sebagai aktor sosial yang cerdas. Aktor sosial yang cerdas tidak lain dari anggota masyarakat yang matang secara rasional dan secara emosional atau cerdas secara rasional dan emosional.
  2. Pendekatan yang cocok untuk mengembangkan kecerdasan rasional adalah pendekatan yang berorientasi pada proses penelitian dan proses konseptualisasi.
  3. Pendekatan yang berorientasi pada proses penelitian dikenal sebagai pendekatan inkuiri atau inquiry approach. Berikut prosedur baku pendekatan tersebut.
Masalah> Hipotesis > Data> Kesimpulan
  1. Pendekatan yang berorientasi pada proses konseptualisasi memusatkan perhatian proses pemahaman dan penggunaan faktor, konsep, generalisasi, dan teori. Proses konseptualisasi ini erat kaitannya dengan proses asimilasi akomodasi dan ekuilibrasi dalam pikiran kita. Oleh karena itu, dengan proses konseptualisasi ini seseorang akan dapat meningkatkan isi dan dinamika skemata dalam pikirannya.
Proses penelitian dan proses konseptualisasi merupakan dua pendekatan kognitif, di mana satu sama lain saling mengisi. Proses konseptualisasi diperlukan dalam proses penelitian pada saat melakukan deduksi dan mendefinisikan istilah serta pada saat penarikan kesimpulan. Sebaliknya proses penelitian diperlukan dalam proses konseptualisasi terutama pada saat perumusan generalisasi dan teori.

Kegiatan Belajar 2 :
Pendekatan Sosial, Personal dan Perilaku dalam Pembelajaran Pembelajaran IPS di SD
1.      Emosi, nilai dan sikap, dan perilaku sosial merupakan dimensi sosial dan personal yang perlu dikembangkan dalam pengajaran IPS. Emosi pada dasarnya bersifat peka dan saling melengkapi dengan rasio yang cenderung bersifat teliti dan tanggap. Nilai merupakan sesuatu yang berharga dan dipandang berharga sedang sikap merupakan kecenderungan berbuat.
2.      Emosi, nilai dan sikap, dan perilaku sosial dapat dikembangkan dalam suasana pembelajaran formal dan informal.
3.      Dalam pembelajaran formal terdapat model-model pendekatan transmisi nilai secara bebas terarah penanaman nilai, suri teladan, klarifikasi nilai, dan klarifikasi nilai terintegrasi struktur.
4.      Berikut pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD.
a.       Pendekatan ekspositori Berorientasi nilai.
b.      pendekatan analitik keteladanan.
c.       pendekatan kajian nilai.
d.      pendekatan Integratif konsep dan nilai.
Semua pendekatan sosial personal memiliki saling keterkaitan dengan pendekatan kognitif.


 
MODUL 6
METODE, MEDIA DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS KELAS III DAN IV
Kegiatan Belajar 1
Merancang dan Menerapkan Metode Pembelajaran IPS di SD Kelas 3 dan 4 dengan Pendekatan Kognitif
1.      Dalam merancang metode, media, dan sumber belajar IPS di SD, Anda perlu menyusun Analisis Materi Pelajaran (AMP), seperti telah diuraikan di muka. Materi yang dianalisis adalah materi pelajaran untuk SD Kelas 3 dan 4.
2.      Metode mengajar yang digunakan hendaknya memperhatikan hal-hal berikut.
a.       Tujuan pembelajaran.
b.      Kemampuan guru terhadap materi pelajaran dan metode yang dipilih.
c.       Kemampuan siswa yang belajar.
d.      Jumlah siswa yang belajar.
e.       Situasi atau kondisi saat belajar.
f.       Fasilitas yang tersedia.
g.      Evaluasi yang akan dipilih
Kegiatan Belajar 2
Merancang dan Menerapkan Metode Pembelajaran IPS yang Berlandaskan Pendekatan Sosial
Pendekatan sosial perlu dikembangkan mengingat proses-proses sosial akan dialami oleh anak didik sehingga kegiatan belajar mengajar harus membantu anak didik untuk mengembangkan kemampuan hubungan dengan masyarakat dan hubungan antarpribadi.
Metode inkuiri sosial memungkinkan siswa berpikir dan mencari fakta-fakta, informasi, atau data yang mendukung pembuktian hipotesis dalam situasi bebas dan terarah.
Langkah-langkah penggunaan metode inkuiri sosial
1.      Tahap orientasi.
2.      Tahap penyusunan hipotesis.
3.      Tahap definisi.
4.      Tahap eksplorasi.
5.      Tahap pembuktian hipotesis.
6.      Tahap generalisasi.
Kegiatan Belajar 3
Merancang dan Menerapkan Metode Pembelajaran IPS di SD Kelas 3 dan 4 dengan Pendekatan Personal
1.      Model-model yang serumpun dengan pendekatan personal adalah berikut ini.
a.       Model pengajaran nondirektif
b.      Model latihan kesadaran
c.       Model sinektik
d.      Model sistem konsepsional
MODUL 7
KEGIATAN BELAJAR 1
MERANCANG DAN MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN KOGNITIF

A. PENGERTIAN PENDEKATAN KOGNITIF
        Aspek-aspek yang termasuk kognitif adalah pengetahuan, pemahaman, penerapan,analisis, sintesis, dan evaluasi.  Pendekatan kognitif ini menekankan pada bagaimana cara individu memberi respons yang datang dari lingkungan dengan cara mengorganisasikan data, memformulasikan masalah, membangun konsep, dan rencana pemecahan masalah dengan simbol-simbol verbal dan nonverbal atau pendekatan kognitif adalah suatu pendekatan yang menekankan pada kecakapan intelektual.

B.  CARA MERANCANG PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG  BERLANDASKAN   PENDEKATAN KOGNITIF
      Salah satu metode pembelajaran yang berlandaskan pendekatan kognitif adalah latihan    
      inkuiri (Inquiry Training).  Tahap-tahap penerapan metode latihan inkuiri adalah sbb :
1.   Menyajikan masalah
2.      Mengumpulkan data dan verifikasi data
3.      Mengumpulkan unsur baru
4.      Merumuskan penjelasan
5.      Menganalisis terhadap proses inkuiri
©C. MENE
C.    MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN  KOGNITIF
Sebagai contoh, kita ambil kurikulum SD kelas 6 semester II sbb :
Kompetensi dasar :
Kemampuan memahami gejala alam dan sosial negara Indonesia dan negara tetangga.
Materi pokok :
Gejala alam dan sosial negara Indonesia dan negara tetangga.
Hasil belajar :
    a. Membandingkan gejala alam negara Indonesia dan negara tetangga.
    b. Mendeskripsikan gejala sosial Indonesia dan negara tetangga.
  Indikator :
    a. Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia.
    b. Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara 
        tetangga.
    c. Membandingkan ciri-ciri gejala sosial Indonesia dengan negara-negara
        tetangga.
    d. Memberi contoh sikap waspada terhadap gejala sosial di Indonesia.

Setelah kita pahami hal-hal diatas maka langkah selanjutnya adalah sbb :
1. Menyajikan masalah
2. Mengumpulkan data dan verifikasi data
3. Mengumpulkan unsur baru
4. Merumuskan penjelasan
5. Menganalis proses inkuiri

KEGIATAN BELAJAR  2
MERANCANG DAN MENERAPKAN PENGGUNAAN  METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN SOSIAL
A. Pengertian Pendekatan Sosial

              Pendekatan sosial mengutamakan hubungan individu dengan masyarakat dan
memusatkan perhatiannya kepada proses sosial yang merupakan negosiasi sosial.
Terdapat tiga ciri pokok metode inkuiri sosial sbb :
1. Adanya aspek –aspek sosial dalam kelas yang dapat menumbuhkan terciptanya suasana  diskusi
2. Adanya penetapan hipotesis sebagai arah dalam pemecahan masalah
3. Adanya fakta-fakta sebagai bahan pembuktian hipotesis

Tahap-tahap metode inkuiri sosial adalah sbb :
1. Tahap orientasi, siswa dengan bantuan guru mengambil dan menetapkan masalah
    sosial yang dijadikan pokok pembahasan.
2. Tahap hipotesis, siswa menyusun hipotesis sebagai acuan dalam usaha pemecahan
    masalah.
3. Tahap definisi, siswa mengdakan pembahasan mengenai pengertian istilah yang
    terdapat  pada hipotesis.
4. Tahap eksplorasi, siswa mengadakan pengujian hipotesis dengan logika deduksi dan
     mengembangkan hipotesis dengan implikasi dan asumsi-asumsinya.
5. Tahap pembuktian hipotesis, siswa melakukan pembuktian dengan jalan melakukan
     pengumpulan data melalui metode-metode pengumpulan data yang sesuai dengan
     masalah  yang dibahas.
6. Tahap generalisasi ,  siswa  dengan bantuan guru menyusun pernyataan yang benar-
    benar terbaik untuk pemecahan masalah.  B
ER
 MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS DI SD YANG 
 BERLANDASKAN PENDEKATAN SOSIAL

Sebagai contoh, kita ambil kurikulum SD kelas 5 semester I, sbb :
1. Kompetensi dasar :
    Kemampuan memahami keadaan penduduk dan pemerintahan di Indonesia.
2. Pokok bahasan :
    Penduduk dan sistem pemerintahan di Indonesia.
3. Hasil belajar :
    a. Mengidentifikasi keadaan penduduk di Indonesia.
    b. Mendeskripsikan peran dan tanggung jawab pemerintah.
4. Indikator :
    a. Menjelaskan perkembangan jumlah penduduk, penggolongan, persebaran
        dan kepadatan penduduk di Indonesia.
    b. Menginterprestasi berbagai grafik penduduk.
    c. Menjelaskan permasalahan penduduk di Indonesia.
  
Setelah kita memahami hal-hal diatas, maka langkah selanjutnya adalah sbb :
1.  Tahap orientasi  :  Siswa dengan bantuan guru mengambil dan menetapkan masalah yang berkaitan dengan jumlah penduduk.
2.  Tahap hipotesis :  Siswa menyusun hipotesis yaitu :
      a. Kondisi fisis suatu daerah yaitu lahan pertanian yang sempit, mempunyai
          hubungan dengan terjadinya kemiskinan.
      b. Kualitas sumber daya manusia yaitu tingkat pendidikan yang rendah,
          mempunyai hubungan dengan terjadinya kemiskinan.

3 Tahap Definisi
    Siswa membahas pengertian dari istilah-istilah yang ada dalam hipotesis :
    a.  Kondisi fisis :  adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai pengaruh
         terhadap peri kehidupan manusia, misalnya SDA pada suatu daerah.
    b.  Kualitas SDM :  adalah derajat kemampuan manusia untuk mengolah SDA
         yang ada dengan teknologi yang dimiliki.
    c.  Kemiskinan ada dua yaitu kemiskinan alamiah dan kemiskinan     struktural/ 
         buatan.   

4. Tahap Eksplorasi :  Siswa mengadakan pengujian hipotesis dengan logika
    deduksi dan mengembangkan hipotesis dengan implikasinya serta asumsi-
    asumsi yang mendasarinya.
5. Tahap Pembuktian  :  Siswa melakukan pembuktian dengan jalan melakukan
    pengumpulan data melalui metode-metode pengumpulan data yang sesuai
    dengan masalah yang dibahas.
6. Tahap Generalisasi  :  Siswa menyusun pernyataan terbaik sebagai jawaban
    atas masalah yang dibahas.
LANDASKAN PENDE
KEGIATAN BELAJAR  3
MERANCANG DAN MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN PERSONAL
.
PENGERTIAN PENDEKATAN PERSONAL

                 Pendekatan personal ini lebih menekankan pada proses yang membantu individu dalam membentuk dan mengorganisasikan kenyataan-kenyataan yang kompleks.  Melalui pendekatan personal siswa diharapkan dapat melihat diri pribadi dan sebagai yang berada di tengah-tengah kelompok.

B.   CARA MERANCANG PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN  PERSONAL

                  Salah satu metode pembelajaran yang berlandaskan pendekatan personal yang akan dipilih sebagai contoh adalah metode pertemuan kelas.  Metode pertemuan kelas, dilihat dari fokus pembicaraan dalam diskusi menurut Glasser dibedakan menjadi 3 tipe sbb :
       1. Tipe pertemuan pemecahan masalah sosial
           Siswa berusaha mengembangkan tanggung jawab untuk belajar dan berperilaku
           dengan jalan memecahkan masalahnya di  dalam kelas.
       2. Tipe pertemuan terbuka
           Guru memulai pertemuan dengan pertanyaan  “apa yang menarik perhatian
           kalian?”.  Siswa diberi kebebasan dalam memikirkan dan menjawab pertanyaan
           dari guru.
       3. Tipe pertemuan terarah dan terbuka
           Pada dasarnya sama dengan tipe kedua, tetapi permasalahannya diarahkan
           kepada hal-hal yang dipelajari  siswa.

Langkah-langkah penerapan metode pertemuan kelas adalah sbb :
1. Menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan
    Guru berupaya untuk menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa.
    Tugas guru adalah sbb :
v  Mendorong setiap siswa untuk berperan serta dalam kegiatan belajar mengajar.
v  Menyeleksi pendapat siswa tanpa disertai dengan celaan dan penilaian.  

2. Menyajikan masalah untuk diskusi
    Tugas siswa dibantu guru adalah sbb :
v  Mengajukan masalah
v  Mengemukakan masalah
v  Mendeskripsikan masalah
v  Mengidentifikasi konsekuensi
v  Mengidentifikasi norma sosial

3. Mengembangkan pertimbangan nilai pribadi
    Siswa dapat membuat pertimbangan pribadi terhadap perilakunya sendiri.  Untuk itu
    siswa harus :
v  Mengidentifikasi nilai dari masalah perilaku dan norma sosial
v  Membuat pertimbangan pribadi terhadap norma-norma sosial yang dapat mengarah pada permilihan perilaku dan nilai-nilai perilaku yang ditemukan.
4. Mengidentifikasi alternatif tindakan
    Siswa mengidentifikasikan alternatif perilaku khusus dan siswa sepakat untuk
    mentaatinya.
5. Merumuskan kesepakatan
    Siswa secara bersama merumuskan kesepakatan.  Apa yang sudah ditentukan dan
    dirumuskan bersama harus dipenuhi  dan ditaatinya.
6. Perilaku tindak lanjut
    Mengukur efektifitas kesepakatan  dan perilaku baru.

C. MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG
     BERLANDASKAN PENDEKATAN   MODIFIKASI PERSONAL

    Sebagai contoh, kita ambil kurikulum SD kelas 5 semester 2, sbb :
1. Kompetensi dasar :
    Kemampuan memahami perjuangan para tokoh dalam melawan penjajah dan tokoh
    tokoh Pergerakan Nasional.
2. Pokok bahasan  ( Materi pokok ) :
    Perjuangan melawan penjajah dan Pergerakan Nasional Indonesia.
3. Hasil belajar :
    a. Mengidentifikasi tokoh-tokoh penting Pergerakan Nasional dan tokoh-tokoh pejuang 
        setempat.
    b. Mengidentifikasi  peranan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dalam
        mempersatukan Indonesia.
4. Indikator :
    a. Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh-tokoh penting Pergerakan Nasional
        Indonesia.
    b. Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya.
    c. Menceritakan peristiwa Sumpah pemuda.    d. Dll.



KEGIATAN BELAJAR  4

MERANCANG DAN MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN MODIFIKASI PERILAKU
A.  PENGERTIAN PENDEKATAN MODIFIKASI PERILAKU

                Salah satu ciri pendekatan ini adalah adanya kecenderungan memecah tugas belajar
       menjadi sejumlah perilaku yang kecil ( langkah-langkah kecil) dan berurutan.

       Rumpun pendekatan perilaku
       Rumpun ini dapat dibedakan menjadi enam sbb :
        a. Pendekatan pengelolaan kontingensi menurut Skinner. 
            Lebih menekankan kepada penguasaan fakta, konsep dan skill yang dijadikan
            dasar pengubahan tingkah laku.
        b. Pendekatan mawas diri menurut Skinner.
            Menekankan pada bentuk tingkah laku sosial dan keterampilan mawas diri.
        c. Pendekatan relaksasi menurut David C. Rimm dan John  C. Masters.  
            Menekankan pada pembentukan pribadi yang dapat menanggulangi stress dan 
            kecemasan.
        d. Pendekatan reduksi stress menurut David C. Rimm dan John C. Masters. 
            Lebih menekankan pada cara menghadapi kecemasan dalam situasi sosial.
        e. Pendekatan assertive training menurut J.Welpe, Arnold A. Lazarus dan   A.
            Salter. 
            Pendekatan ini mempunyai tujuan yang bersifat langsung, spontasnitas ekspresif dalam
            merasakan perubahan sosial.
        f. Pendekatan direct training menurut Robert Gagne, Karl.U. Smith dan Margaret Foltz
           Smith.
           Pendekatan ini lebih menekankan kepada pembentukan pola-pola tingkah laku  dan
           keterampilan.

B. CARA MERANCANG PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS DI SD
     YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN MODIFIKASI PERILAKU

         Salah satu pendekatan modifikasi perilaku adalah pendekatan mawas diri atau model mengajar pengendalian diri.  Pembelajaran dengan pendekatan mawas diri melalui 5 tahap sbb :
1. Tahap pengenalan prinsip tingkah laku
       Pada tahap ini guru memperkenalkan program dan prinsip-prinsip pengendalian diri. Tahap ini bertujuan agar siswa memahami kesulitan yang dihadapi dalam pengendalian diri, terutama yang terletak pada fungsi lingkungan yang tidak permanen.

2. Tahap menetapkan data dasar
       Data dasar dimaksudkan untuk mengetahui dengan pasti perangsang yang terkendali, perilakuyang terbentuk dan respons yang sesuai  atau tidak sesuai.
      
3. Tahap menyiapkan program yang realitis
       Guru harus membantu siswa dalam menyusun program secara realistis dan seimbang .  Program ini disusun harus mempunyai tujuan jangka pendek dan jangka panjang secara jelas.

4. Tahap pelaksanaan program
       Siswa melaksanakan program yang telah direncanakan.  Selama dalam jangka waktu pelaksanaan program, siswa mengadakan pertemuan secara berkala dengan guru untuk menelaah kemajuan dan mengubah program apabila diperlukan.

5. Tahap evaluasi dan tindak lanjut
       Pada tahap ini guru mengadakan penilaian tingkah laku siswa, apa sudah sesuai yang diprogramkan dan menentukan tingkah laku sebagai tindak lanjut.

C. MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN MODIFIKASI PERILAKU

                Untuk menerapkan penggunaan metode ini diambil contoh materi dari GBPP IPS SD kelas 5 semester II.
      1. Kompetensi dasar
          Kemampuan memahami perjuangan para tokoh dalam melmodulawan penjajah dan 
          tokoh-tokoh Pergerakan Nasional.
      2. Materi Pokok  ( Pokok Bahasan )
          Pendudukan Jepang di Indonesia.
      3. Hasil belajar
          Mendeskripsikan penduduk Jepang di Indonesia
4. Indikator  ( Uraian Materi )
           a. Menceritakan penduduk anJepang di Indonesia.
           b. Menceritakan sebab dan akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang
               terhadap penduduk Indonesia.

       5. Pelaksanaan Pembelajaran
           Setelah mempelajari kompetensi dasar, materi pokok,hasil belajar dan indikator,
           guru dapat menjelaskan materi tersebut dengan carayang mudah diterima.
           Pada saat menjelaskan materi tersebut guru dapat memberikan penilaian
           terhadap penjajah Jepang.

KEGIATAN BELAJAR  5

MERANCANG DAN MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI

A.  PENGERTIAN PENDEKATAN EKSPOSITORI
                 Pendekatan ekspositori adalah pendekatan yang menekankan pada pengolahan materi pelajaran yang telah jadi atau siap disampaikan kepada siswa.  Dalam hal ini, guru memberi pesan (materi) yang telah siap sehingga siswa tidak perlu mencari, menemukan dan memecahkan sendiri.

B. CARA MERANCANG PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI
                 Dalam merancang penggunaan metode ceramah (sebagai contoh pendekatan ekspositori) perlu terlebih dahulu diketahui sifat-sifatnya yang kurang baik, yaitu berikut ini :
       1. Kurang memberikan kesempatan untuk bertanya atau berdiskusi memecahkan
           masalah sehingga daya serap siswa kurang tajam.
       2. Kadang-kadang pernyataan atau penjelasan lisan sukar ditangkap.  Apalagi jika
           menggunakan kata-kata asing.
       3. Kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan
           kecakapannya untuk mengeluarkan pendapat.
       4. Kurang cocok untuk anak yang tingkat abstraksinya masih kurang.
       5. Dapat menimbulkan kebosanan siswa dan verbalisme.

         Metode ceramah dapat digunakan apabila terdapat hal-hal berikut ini  :
       1. Bahan ceramah yang akan diberikan jumlahnya/volumenya sangat banyak.
       2. Banyak atau materi yang akan diberikan merupakan bahan baru.
       3. Para siswa dapat memahami informasi melalui kata-kata.

Langkah-langkah dalam melaksanakan metode ceramah adalah sbb  :
1. Melakukan kegiatan pendahuluan
    a. Menjelaskan tujuan pembelajaran
    b. Mengemukakan pokok-pokok materi yang akan disajikan
    c. Memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan

2. Menyajikan bahan pelajaran dengan memperhatikan faktor-faktor berikut ini  :
    a. Perhatian siswa
    b. Menjelaskan materi pelajaran
    c. Kegiatan pembelajaran sedapat mungkin bervariasi
    d. Umpan balik dari siswa untuk guru
    e. Motivasi perlu selalu ditimbulkan

3. Menutup pelajaran dengan kegiatan sbb  :
    a. Menarik kesimpulan dari bahan pelajaran yang disampaikan
    b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanggapi kembali bahan pelajaran 
        yang telah dipelajari dengan menghubungkan mata pelajaran lain
    c. Melaksanakan penilaian akhir untuk mengetahui sejauh mana pencapaian tujuan
        pelajaran
    d. Tindak lanjut

C. MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG
     BERLANDASKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI
     Sebagai contoh untuk menerapkan pendidikan ekspositori (metode ceramah), diambil
     kurikulum SD kelas 6 semester II.
      1. Kompetensi dasar
          Kemampuan memahami gejala alam dan sosial Negara Indonesia dan negara   
          tetangga.
       2. Materi Pokok
    Gejala alam dan sosial Indonesia dan negara tetangga.

3. Hasil belajar
    a. Membandingkan  gejala alam negara Indonesia dengan negara-negara tetangga.
    b. Mendeskripsikan gejala sosial negara Indonesia dengan negara-negara tetangga.

4. Indikator
    a. Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia.
    b. Membandingkan ciri-ciri gejala alam negara Indonesia dengan negara-negara 
         tetangga.
    c. Membandingkan ciri-ciri gejala sosial negara Indonesia dengan negara-negara
        tetangga.
    d. Memberi contoh sikap waspada terhadap gejala sosial di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Skincare Reglow

https://fenia.sahabatreglow.net/reglow/ Konsultasi/tanya