RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD PLUS USWATUL HAYAT
Kelas
/ Semester : IV (Empat) / I
Tema
2 : Selalu Berhemat
Energi
Sub
Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 4
Materi Pokok : 1. Gagasan pokok dan gagasan pendukung
2. Kewajiban dan hak
3. Penaksiran
Alokasi
Waktu : 8 x 35 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
Bahasa
Indonesia
|
|
3.1.1 Menuliskan 3 gagasan
berdasarkan teks visual.
3.1.2 Memilih gagasan pokok
berdasarkan gagasan pendukung.
|
|
4.1
Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan
antargagasan ke dalam kerangka tulisan.
|
4.1.1 Membuat kembali teks cerita
berdasarkan teks visual.
|
||
PPKn
|
3.2
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.2.1 Menjelaskan pentingnya
melaksanakan kewajiban dan hak tentang penggunaan energi listrik secara
seimbang.
|
|
4.2
Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2.1 Menceritakan pelaksanaan
kewajiban dan hak tentang penggunaan energi listrik dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan gambar.
|
||
Matematika
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari
jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
dan desimal.
|
3.3.1 Melakukan penaksiran
perkalian dan pembagian.
|
|
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari
jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
dan desimal.
|
4.3.1 Menyelesaikan masalah tentang
penaksiran perkalian dan pembagian.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati teks visual, siswa mampu
menuliskan 3 gagasan.
2. Dengan mengamati teks visual, siswa mampu
memilih gagasan pokok berdasarkan gagasan pendukung.
3. Dengan mengamati teks visual, siswa mampu
membuat kembali teks cerita.
4. Dengan berdiskusi, siswa mampu
menceritakan pelaksanaan kewajiban dan hak tentang penggunaan energi listrik
dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan gambar.
5. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
pentingnya melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang.
6. Dengan latihan soal, siswa mampu melakukan
penaksiran perkalian dan pembagian.
7. Dengan latihan soal, siswa mampu
menyelesaikan masalah tentang penaksiran perkalian dan pembagian.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Gagasan
pokok
Gagasan
pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat
iti atau berupa pokok paragraf.
2. Gagasan pendukung
Gagasan
pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.
3. Kewajiban dan hak dalam menggunakan sumber
energi listrik
4. Penaksiran perkalian
5. Penaksiran pembagian
E.
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
Pembelajaran : Saintifik
Metode
Pembelajaran : Diskusi kelompok, pengamatan, latihan dan
tanya jawab.
F.
Media Pembelajaran
Double tape, Laptop
dan infocus
G.
Sumber Belajar
1. Buku Guru Tema: Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2. Buku Siswa Tema: Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
3. Materi pembelajaran yang dikembangkan oleh
guru.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
2.
Siswa disiapkan secara psikis dan fisik di
antaranya:
a.
Merapikan posisi tempat duduk siswa.
b.
Melakukan kegiatan berdoa bersama yang dipimpin
salah satu siswa.
c.
Memeriksa kehadiran siswa.
d.
Memeriksa kelengkapan belajar siswa seperti buku dan
alat tulis.
3.
Siswa bersama guru menyanyikan lagu kebangsaan
Indonesia “Indonesia Raya”.
4.
Siswa
bersama guru melakukan kegiatan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) yaitu membaca
cerita anak.
5.
Siswa
diberikan motivasi oleh guru yang berkaitan dengan subtema.
6.
Siswa
diingatkan kembali tentang pembelajaran sebelumnya mengenai sumber energi matahari.
7.
Siswa
menyimak penjelasan yang diberikan guru tentang kegiatan pembelajaran akan
dilakukan yaitu membuat gagasan pokok dan gagasan pendukung, kewajiban dan
hak dalam menggunakan energi listrik, serta penaksiran perkalian dan
pembagian.
|
25 menit
|
Inti Tematik
|
1.
Siswa
dibentuk dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 siswa.
2.
Siswa
bersama teman sekelompoknya mengamati teks visual yang terdapat pada buku siswa.
3.
Siswa
bersama teman sekelompoknya membuat gagasan berdasarkan teks visual yang
telah diamati.
4.
Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan gagasan-gagasan yang telah dibuatnya menjadi
gagasan pokok.
5.
Siswa
secara individu mengembangkan kerangka karangan menjadi sebuah karangan
sederhana.
6.
Siswa
diajukan pertanyaan pemandu mengenai gambar. Adapun daftar pertanyaan pemandu
yang diajukan guru di antaranya:
a. Apa yang sedang dilakukan pada gambar A
dan gambar B?
b. Apakah gambar A dan gambar B telah
mendapatkan haknya dalam menggunakan sumber energi listrik?
c. Apakah gambar A dan gambar B telah melakukan
kewajibannya dalam menghemat penggunaan sumber energi listrik?
d. Apa yang sebaiknya dilakukan pada gambar
A dan gambar B?
7.
Siswa
secara bergantian menceritakan isi gambar kepada pasangannya.
8.
Siswa
secara mandiri mengerjakan LKS PKn berdasarkan pengalaman bercerita dengan
pasangannya.
9.
Secara
klasikal siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pentingnya melaksanakan
kewajiban dan hak secara seimbang.
10. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
mengenai hal yang belum dipahaminya.
|
4 x 35 Menit
|
Inti Matematika
|
1. Siswa diingatkan kembali tentang cara
melakukan penaksiran.
2. Siswa menyimak pemberian contoh dari
guru mengenai penaksiran perkalian dan pembagian.
3. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
Setiap kelompok terdiri dari 3-5 orang.
4. Siswa bersama teman sekelompoknya berdiskusi
menyelesaikan masalah matematika terkait penaksiran perkalian dan pembagian
yang terdapat pada buku siswa halaman 34.
5. Secara klasikal siswa dengan bimbingan
guru membahas masalah matematika mengenai penaksiran perkalian dan pembagian.
|
2 x 35 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
2.
Siswa secara individu mengerjakan soal evaluasi.
3.
Siswa dengan bimbingan guru melakukan refleksi
pembelajaran yaitu tentang hal yang sudah dan belum dikuasai siswa serta hal
yang terjadi selama proses pembelajaran.
4.
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai manfaat
belajar hari ini.
5.
Siswa diberikan tindak lanjut dalam bentuk pemberian
tugas individual untuk dikerjakan di rumah tentang pentingnya menghemat
energi listrik di rumah.
6.
Siswa diinformasikan oleh guru mengenai rencana
kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu tentang manfaat energi matahari dan
penaksiran.
7.
Siswa diajak untuk berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran).
|
10 menit
|
H. Penilaian
Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian
Sikap :
Jurnal penilaian sikap
Pengetahuan : Tes Tertulis
Keterampilan : Praktik
Refleksi guru:
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(...............................)
|
|
Arjasari, Oktober 2018
Guru Kelas,
(...............................)
|
Lampiran
1.
Instrumen Penilaian
2.
LKS
3.
Soal Evaluasi
4.
Media Pembelajaran
Lampiran
1
Instrumen Penilaian
a.
Jurnal penilaian sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian pengetahuan
Bahasa Indonesia KD 3.1
PPKn KD 3.2
Matematika KD 3.3
c. Penilaian keterampilan
1) Membuat kembali teks cerita dinilai dengan
rubrik.
No
|
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
0
|
1.
|
Siswa dapat membuat kembali teks
cerita dengan benar:
a. Teks cerita yang dibuat sesuai dengan
tema.
b. Ketepatan penggunaan huruf besar.
c. Ketepatan penggunaan tanda baca (titik
dan koma).
|
|
|
|
|
Skor
maksimum
|
3
|
Keterangan:
3 : jika 3 komponen terpenuhi
2 : jika 2 komponen terpenuhi
1 : jika 1 komponen terpenuhi
0 : jika tidak ada komponen terpenuhi
Perhitungan nilai Bahasa
Indonesia KD 4.1
2) Menceritakan pelaksanaan kewajiban dan hak
dinilai dengan rubrik
No
|
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
0
|
1.
|
Siswa
dapat menceritakan pelaksanaan kewajiban dan hak dengan benar:
a. Cerita yang disampaikan sesuai dengan
gambar.
b. Cerita yang disampaikan jelas.
c. Cerita yang disampaikan memuat
pelaksanaan kewajiban menghemat energi listrik atau hak mendapatkan energi
listrik.
|
|
|
|
|
Skor
maksimum
|
3
|
Keterangan:
3 : jika 3 komponen terpenuhi
2 : jika 2 komponen terpenuhi
1 : jika 1 komponen terpenuhi
0 : jika tidak ada komponen terpenuhi
Perhitungan nilai PPKn KD
4.2
3) Menyelesaikan masalah tentang penaksiran
dinilai dengan rubrik.
No
|
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
0
|
1.
|
Siswa
dapat menyelesaikan masalah penaksiran dengan benar:
a. Menyelesaikan soal penaksiran perkalian.
b. Menyelesaikan soal penaksiran pembagian.
c. Jawaban yang diperoleh sesuai.
|
|
|
|
|
Skor
maksimum
|
3
|
Keterangan:
3 : jika 3 komponen terpenuhi
2 : jika 2 komponen terpenuhi
1 : jika 1 komponen terpenuhi
0 : jika tidak ada komponen terpenuhi
Perhitungan nilai
Matematika KD 4.3
Rekapitulasi nilai pengetahuan dan
keterampilan
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai
Pengetahuan
|
Nilai
Keterampilan
|
||||
Bahasa
Indonesia
|
PPKn
|
MTK
|
Bahasa
Indonesia
|
PPKn
|
MTK
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nama anggota
kelompok :
. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas : . . . . . .
. . . . . . . . . . . .
|
|
|
|
Kelas IV
|
Lembar
Kerja Siswa
Amatilah
gambar di bawah ini!
Menurutmu, apa yang diceritakan dari
gambar tersebut?
Jadi, yang manakah
gagasan pokoknya?
|
Nama
Siswa :
Kelas :
|
...................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
|
Lembar
Kerja Siswa
Kamu
sudah mengamati teks visual tentang sumber energi listrik. Di rumahmu pun
terdapat banyak alat yang menggunakan energi listrik, salah satunya ialah
televisi. Amatilah gambar di bawah ini!
Langkah kerja:
Kamu telah menerima
kartu nama huruf dari gurumu.
Carilah pasanganmu
yang berbeda kartu nama denganmu. Apabila kamu memperoleh kartu nama huruf A,
maka carilah teman yang memiliki kartu nama huruf B. Begitupun sebaliknya, apabila
kamu memperoleh kartu nama huruf B, maka carilah pasangan yang menerima kartu
nama huruf A.
Dengarkanlah
pertanyaan pemandu yang diajukan gurumu!
Berdasarkan pertanyaan
pemandu yang diajukan gurumu, ceritakanlah isi gambar yang telah kamu pilih kepada
pasanganmu!
Kamu sudah
menceritakan dan mendengarkan cerita dari temanmu mengenai pelaksanaan
kewajiban dan hak. Sekarang ayo jawab pertanyaan di bawah ini!
|
Apakah kamu sudah
melaksanakan kewajibanmu dalam menghemat energi listrik di rumah?
Jawab : . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . .
Apakah kamu sudah
mendapatkan hakmu dalam penggunaan energi listrik di rumah?
Jawab : . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . .
|
Mengapa kita harus
melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang?
Jawab : . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
Nama
Siswa : . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . .
Kelas
: . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . .
|
Lampiran 3
Soal Evaluasi
|
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.
Bacalah paragraf di bawah ini!
Energi
Listrik
Listrik
sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan masyarakat. Sehingga, dapat
dikatakan apabila tidak ada listrik maka tidak banyak kegiatan masyarakat
yang dapat dilakukan. Namun, belakangan ini energi listrik semakin menipis.
Hal tersebut menyebabkan seringnya terjadi pemadaman listrik bergilir di
beberapa tempat. Untuk itu mulai dari sekarang kita harus menghemat
penggunaan listrik agar energi listrik tetap ada sampai kapanpun.
|
Tulislah gagasan pokok dari
paragraf tersebut!
2.
Apa yang dimaksud dengan gagasan pokok?
3.
Apa yang dimaksud dengan gagasan pendukung?
4.
Apa yang dimaksud melaksanakan kewajiban dan hak secara
seimbang?
5.
Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban dan hak secara
seimbang?
6.
Apa akibat apabila tidak melaksanakan kewajiban dan hak
secara seimbang?
7.
Berpakah hasil penaksiran kali dari 29 x 5 =
8.
Berapakah hasil penaksiran kali dari 500 x 9 =
9.
Berapakah hasil penaksiran bagi dari 399 : 4 =
10.
Berapakah
hasil penaksiran bagi dari 1099 : 10 =
Kisi-kisi
Instrumen Penilaian
No.
|
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Bobot
|
No
Soal
|
1.
|
Bahasa Indonesia
|
3.1
Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari
teks lisan, tulis, atau visual.
|
Disajikan teks cerita, siswa mampu
menuliskan gagasan pokok suatu paragraf.
|
Isian
|
10
|
1
|
Disajikan soal isian, siswa mampu
menjelaskan pengertian gagasan pokok dan gagasan pendukung.
|
Isian
|
10
|
2-3
|
|||
2.
|
PPKn
|
3.2
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan soal isian, siswa mampu
menjelaskan pentingnya melaksanakan
kewajiban dan hak secara seimbang
|
Isian
|
10
|
4-6
|
3.
|
Matematika
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari
jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
dan desimal.
|
Disajikan soal matematika, siswa mampu
melakukan penaksiran perkalian dan pembagian.
|
Isian
|
10
|
7-10
|
Lampiran 4 Media Pembelajaran
|
|
A B
Catatan: dibuat berdasarkan jumlah
siswa.
No comments:
Post a Comment