Thursday 24 January 2019

RPP KELAS 4 TEMA 2 ST 1 PB 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : SD PLUS USWATUL HAYAT
Kelas / Semester            : IV (Empat) / I
Tema 2                           : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1                    : Sumber Energi
Pembelajaran                : 4
Materi Pokok                 : 1. Gagasan pokok dan gagasan pendukung
                                           2. Kewajiban dan hak
3. Penaksiran
Alokasi Waktu               : 8 x 35 menit

A. Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
3.1   Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.1.1 Menuliskan 3 gagasan berdasarkan teks visual.  
3.1.2 Memilih gagasan pokok berdasarkan gagasan pendukung.
4.1   Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.
4.1.1 Membuat kembali teks cerita berdasarkan teks visual.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1 Menjelaskan pentingnya melaksanakan kewajiban dan hak tentang penggunaan energi listrik secara seimbang.
4.2  Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1 Menceritakan pelaksanaan kewajiban dan hak tentang penggunaan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan gambar.
Matematika
3.3  Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
3.3.1 Melakukan penaksiran perkalian dan pembagian.
4.3  Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
4.3.1 Menyelesaikan masalah tentang penaksiran perkalian dan pembagian.

C. Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan 3 gagasan.
2.      Dengan mengamati teks visual, siswa mampu memilih gagasan pokok berdasarkan gagasan pendukung.
3.      Dengan mengamati teks visual, siswa mampu membuat kembali teks cerita.
4.      Dengan berdiskusi, siswa mampu menceritakan pelaksanaan kewajiban dan hak tentang penggunaan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan gambar.
5.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang.
6.      Dengan latihan soal, siswa mampu melakukan penaksiran perkalian dan pembagian.
7.      Dengan latihan soal, siswa mampu menyelesaikan masalah tentang penaksiran perkalian dan pembagian.
D. Materi Pembelajaran
1.      Gagasan pokok
Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat iti atau berupa pokok paragraf.
2.      Gagasan pendukung
Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.
3.      Kewajiban dan hak dalam menggunakan sumber energi listrik
4.      Penaksiran perkalian
5.      Penaksiran pembagian

E. Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran  : Saintifik
Metode Pembelajaran          : Diskusi kelompok, pengamatan, latihan dan tanya jawab.

F. Media Pembelajaran
Double tape, Laptop dan  infocus

G. Sumber Belajar
1.    Buku Guru Tema: Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2.    Buku Siswa Tema: Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
3.    Materi pembelajaran yang dikembangkan oleh guru.

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
2.         Siswa disiapkan secara psikis dan fisik di antaranya:
a.       Merapikan posisi tempat duduk siswa.
b.      Melakukan kegiatan berdoa bersama yang dipimpin salah satu siswa.
c.       Memeriksa kehadiran siswa.
d.      Memeriksa kelengkapan belajar siswa seperti buku dan alat tulis.
3.        Siswa bersama guru menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia “Indonesia Raya”.
4.         Siswa bersama guru melakukan kegiatan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) yaitu membaca cerita anak.
5.         Siswa diberikan motivasi oleh guru yang berkaitan dengan subtema.
6.         Siswa diingatkan kembali tentang pembelajaran sebelumnya mengenai sumber energi matahari.
7.         Siswa menyimak penjelasan yang diberikan guru tentang kegiatan pembelajaran akan dilakukan yaitu membuat gagasan pokok dan gagasan pendukung, kewajiban dan hak dalam menggunakan energi listrik, serta penaksiran perkalian dan pembagian.  
25 menit
Inti Tematik
1.        Siswa dibentuk dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 siswa.
2.        Siswa bersama teman sekelompoknya mengamati teks visual yang terdapat pada buku siswa.
3.        Siswa bersama teman sekelompoknya membuat gagasan berdasarkan teks visual yang telah diamati.
4.        Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan gagasan-gagasan yang telah dibuatnya menjadi gagasan pokok.
5.        Siswa secara individu mengembangkan kerangka karangan menjadi sebuah karangan sederhana.
6.        Siswa diajukan pertanyaan pemandu mengenai gambar. Adapun daftar pertanyaan pemandu yang diajukan guru di antaranya:
a.       Apa yang sedang dilakukan pada gambar A dan gambar B?
b.      Apakah gambar A dan gambar B telah mendapatkan haknya dalam menggunakan sumber energi listrik?
c.       Apakah gambar A dan gambar B telah melakukan kewajibannya dalam menghemat penggunaan sumber energi listrik?
d.      Apa yang sebaiknya dilakukan pada gambar A dan gambar B?
7.        Siswa secara bergantian menceritakan isi gambar kepada pasangannya.
8.        Siswa secara mandiri mengerjakan LKS PKn berdasarkan pengalaman bercerita dengan pasangannya.
9.        Secara klasikal siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pentingnya melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang.
10.    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai hal yang belum dipahaminya. 
4 x 35 Menit
Inti Matematika
1.      Siswa diingatkan kembali tentang cara melakukan penaksiran.
2.      Siswa menyimak pemberian contoh dari guru mengenai penaksiran perkalian dan pembagian.
3.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-5 orang.
4.      Siswa bersama teman sekelompoknya berdiskusi menyelesaikan masalah matematika terkait penaksiran perkalian dan pembagian yang terdapat pada buku siswa halaman 34.
5.      Secara klasikal siswa dengan bimbingan guru membahas masalah matematika mengenai penaksiran perkalian dan pembagian.
2 x 35 menit
Penutup
1.        Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
2.        Siswa secara individu mengerjakan soal evaluasi.
3.        Siswa dengan bimbingan guru melakukan refleksi pembelajaran yaitu tentang hal yang sudah dan belum dikuasai siswa serta hal yang terjadi selama proses pembelajaran.
4.        Siswa menyimak penjelasan guru mengenai manfaat belajar hari ini.
5.        Siswa diberikan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk dikerjakan di rumah tentang pentingnya menghemat energi listrik di rumah.  
6.        Siswa diinformasikan oleh guru mengenai rencana kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu tentang manfaat energi matahari dan penaksiran.  
7.        Siswa diajak untuk berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
10 menit


H. Penilaian Pembelajaran
1.    Teknik Penilaian
Sikap                  : Jurnal penilaian sikap
    Pengetahuan       : Tes Tertulis
    Keterampilan      : Praktik


Refleksi guru:
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................

 












        Mengetahui,
     Kepala Sekolah



(...............................)


  Arjasari,   Oktober 2018
         Guru Kelas,



(...............................)














Lampiran
1.                       Instrumen Penilaian
2.                       LKS
3.                       Soal Evaluasi
4.                       Media Pembelajaran


Lampiran 1
Instrumen Penilaian
a.       Jurnal penilaian sikap
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





Dst.






b.      Penilaian pengetahuan
Bahasa Indonesia KD 3.1  
PPKn KD 3.2                     
Matematika KD 3.3              
c.       Penilaian keterampilan
1)      Membuat kembali teks cerita dinilai dengan rubrik.
No
Kriteria
3
2
1
0
1.
Siswa dapat membuat kembali teks cerita dengan benar:
a.       Teks cerita yang dibuat sesuai dengan tema.
b.      Ketepatan penggunaan huruf besar.
c.       Ketepatan penggunaan tanda baca (titik dan koma).




Skor maksimum
3
Keterangan:
3 : jika 3 komponen terpenuhi
2 : jika 2 komponen terpenuhi
1 : jika 1 komponen terpenuhi
0 : jika tidak ada komponen terpenuhi
Perhitungan nilai Bahasa Indonesia KD 4.1 

2)      Menceritakan pelaksanaan kewajiban dan hak dinilai dengan rubrik
No
Kriteria
3
2
1
0
1.
Siswa dapat menceritakan pelaksanaan kewajiban dan hak dengan benar:
a.       Cerita yang disampaikan sesuai dengan gambar.
b.      Cerita yang disampaikan jelas.
c.       Cerita yang disampaikan memuat pelaksanaan kewajiban menghemat energi listrik atau hak mendapatkan energi listrik.




Skor maksimum
3
Keterangan:
3 : jika 3 komponen terpenuhi
2 : jika 2 komponen terpenuhi
1 : jika 1 komponen terpenuhi
0 : jika tidak ada komponen terpenuhi
Perhitungan nilai PPKn KD 4.2 
3)      Menyelesaikan masalah tentang penaksiran dinilai dengan rubrik.
No
Kriteria
3
2
1
0
1.
Siswa dapat menyelesaikan masalah penaksiran dengan benar:
a.       Menyelesaikan soal penaksiran perkalian.
b.      Menyelesaikan soal penaksiran pembagian.
c.       Jawaban yang diperoleh sesuai.




Skor maksimum
3

Keterangan:
3 : jika 3 komponen terpenuhi
2 : jika 2 komponen terpenuhi
1 : jika 1 komponen terpenuhi
0 : jika tidak ada komponen terpenuhi
Perhitungan nilai Matematika KD 4.3 
Rekapitulasi nilai pengetahuan dan keterampilan
No
Nama Siswa
Nilai Pengetahuan
Nilai Keterampilan
Bahasa Indonesia
PPKn
MTK
Bahasa Indonesia
PPKn
MTK



























Nama anggota kelompok :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas : . . . . . . . . . . . . . . . . . .



    



Kelas IV


 

Lembar Kerja Siswa

Amatilah gambar di bawah ini!
Menurutmu, apa yang diceritakan dari gambar tersebut?
Berdiskusilah bersama teman sekelompokmu! Tulis jawabannya pada kolom yang tersedia!


Jadi, yang manakah gagasan pokoknya?
Nama Siswa     :
Kelas               :

 


















...................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................



Sekarang, ayo kembangkan menjadi karangan sederhana!









                                                   


Lembar Kerja Siswa
Kamu sudah mengamati teks visual tentang sumber energi listrik. Di rumahmu pun terdapat banyak alat yang menggunakan energi listrik, salah satunya ialah televisi.  Amatilah gambar di bawah ini!


Langkah kerja:
*      Kamu telah menerima kartu nama huruf dari gurumu.
*      Carilah pasanganmu yang berbeda kartu nama denganmu. Apabila kamu memperoleh kartu nama huruf A, maka carilah teman yang memiliki kartu nama huruf B. Begitupun sebaliknya, apabila kamu memperoleh kartu nama huruf B, maka carilah pasangan yang menerima kartu nama huruf A.
*      Dengarkanlah pertanyaan pemandu yang diajukan gurumu!
*      Berdasarkan pertanyaan pemandu yang diajukan gurumu, ceritakanlah isi gambar yang telah kamu pilih kepada pasanganmu!


Kamu sudah menceritakan dan mendengarkan cerita dari temanmu mengenai pelaksanaan kewajiban dan hak. Sekarang ayo jawab pertanyaan di bawah ini!
Apakah kamu sudah melaksanakan kewajibanmu dalam menghemat energi listrik di rumah?
Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Apakah kamu sudah mendapatkan hakmu dalam penggunaan energi listrik di rumah?
Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang?
Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Nama Siswa     : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas               : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Lampiran 3 Soal Evaluasi
 















 



Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.      Bacalah paragraf di bawah ini!
Energi Listrik
Listrik sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan masyarakat. Sehingga, dapat dikatakan apabila tidak ada listrik maka tidak banyak kegiatan masyarakat yang dapat dilakukan. Namun, belakangan ini energi listrik semakin menipis. Hal tersebut menyebabkan seringnya terjadi pemadaman listrik bergilir di beberapa tempat. Untuk itu mulai dari sekarang kita harus menghemat penggunaan listrik agar energi listrik tetap ada sampai kapanpun.
 









Tulislah gagasan pokok dari paragraf tersebut!
 

2.      Apa yang dimaksud dengan gagasan pokok?


3.      Apa yang dimaksud dengan gagasan pendukung?


4.      Apa yang dimaksud melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang?


5.      Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang?


6.      Apa akibat apabila tidak melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang?


7.      Berpakah hasil penaksiran kali dari 29 x 5 =


8.      Berapakah hasil penaksiran kali dari 500 x 9 =


9.      Berapakah hasil penaksiran bagi dari 399 : 4 =


10.  Berapakah hasil penaksiran bagi dari 1099 : 10 =


Kisi-kisi Instrumen Penilaian
No.
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
Bentuk Soal
Bobot
No Soal
1.
Bahasa Indonesia
3.1   Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Disajikan teks cerita, siswa mampu menuliskan gagasan pokok suatu paragraf. 
Isian
10
1
Disajikan soal isian, siswa mampu menjelaskan pengertian gagasan pokok dan gagasan pendukung.
Isian
10
2-3
2.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan soal isian, siswa mampu menjelaskan pentingnya  melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang
Isian
10
4-6
3.
Matematika
3.3  Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
Disajikan soal matematika, siswa mampu melakukan penaksiran perkalian dan pembagian.   
Isian
10
7-10







Lampiran 4 Media Pembelajaran



  A         B


Catatan: dibuat berdasarkan jumlah siswa.


No comments:

Post a Comment

Skincare Reglow

https://fenia.sahabatreglow.net/reglow/ Konsultasi/tanya