Tuesday 24 January 2017

kenangan adikku nia dewi kania wati


LAPORAN KEGIATAN
MOHAKFU
  ( MASA ORIENTASA MAHASISWA BARU )







OLEH:
NIA DEWI KANIAWATI
NIM: 1632108017
Sosial Ekonomi Pertanian














FAKULATAS PERTANIAN
UNIFERSITAS DANDUNG RAYA
2008/2009
BANDUNG





KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepda Allah SWT, karena dengan rahmat serta bimbinganya maka penulis bias menyelesaikan tugas ini.berupa laporan kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOHAKFU).

            Selanjutnya dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terim kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam terselenggaranya kegiatan khususnya rasa terima kasih saya ucapkan kepada para dosen dan para alumni yang berkesempatan hadir dan memberikan materi dan kepada para panitia MOHAKFU 2008 yang telah melaksanakanya dengan sukses.

            Penulis sangat menyadari bahwa dalam laporan yang saya buat ini banyak sekali kekurangannya kaerna berbagai keterbatasan.penulis sangat berterimakasih jik para pembaca memberikan masukan dan keritik konstruksinya bagi perkembangan laporan ini. Akhirnya penulis berharap mudah-mudahan laporan kegiatan ini memberikan manfaat bagi pembaca khususnya bagi penulis.






Bandung, Janwari 2009
Penulis




















BAB 1
PENDAHULUAN


            Ospek merupakan suatu kegiatan yang selalu dilakukan bagi setiap maha siswa baru yang baru masuk papda faperta unbar . Kegiatan Orientasi mahasiswa baru bertujuan agar para calon maha siswa mengenal unifersitas Bandung Raya dan mengenal seluruhnya termasuk didalamnya.
            Untuk persyaratan kelulusan Orientasi MOHAKFU 2008 maka dibuatlah laporan kegiatan masa orientasi di Faperta Unbar yang dilaksanakan pada tanggal 29 -30 November 2008.



































BAB 11
PENGENALAN KAMPUS

 2.1.Pengenalan kampus
            Fakultas Pertanian Unipersitas Bandung Raya (Faperta Unbar ), merupakan  perkembangan dari Akademi Pertanian Nasional (AKPERNAS ),berkedudukan di jl. Cikutra No. 171 Bandung.Faperta Unbar berdiri pada tanggal 18 Mei 1984, Berdasarkan keputusan  Mendikbud RI Nomor : 0652/1985 tanggal 30 Desember 1985 dan diselenggarakan oleh Yayasan Pembina Pendidikan Pertanian (YP-3). YP-3 melanjutkan pada tahun 1997 berkembang menjadi Yayasan  Pembina Pendidikan dan Pembangunan. Yayasan Pembina Pembangunan Unbar (YPU) Sebagai penyelenggara Unifersitas Bandung Raya dikukuhkan dengan akta Notaris BM Sri Sugianti SH,No.26 tanggal 16 juni 1984. 
            Faperta Unbar sejak berdiri sampai tahun 2007 saat ini telah menghasilkan lulusan asrjana strata 1 sebanyak 18.000 alumnus yang bekerja dan berkarya  pada berbagai instansi pemerintah,perusahaan suasta, perbankan dan pengajar serta wirasuasta.
            Jurusan atau program studi yang ada dilingkungan Faperta Unbar meliputi ;
  1.Program studi Hortikultura dengan surat keputusan  001/BAN-PT/AK-V/S1/11/2002
  2. Program studi sosek pertanian dengan surat keputusan  017/BAN-PT/AK-IV/VII2000
  3. Program studi THP dengan surat keputusan 004/BAN-PT/AK-V/SI/IV/2002
  4. . Program studi Arst pertamanan dengan surat keputusan 004/BAN-PT/AK-V/SI/IV/2002
  5. . Program studi Produksi Ternak dengan surat keputusan 001/BAN-PT/AK-V/SI/II/2002


            Faperta unbar saat ini memiliki gedung seluas 400 m2 yang berdiri di atas tanah seluas 3870 m2 di jl.Cikutra No.171 Bandung dan laboratorium ilmu-ilmu dasar seluas 300 m2 yang berdiri pada tanah seluas 1200 m2 di Cimuleit Bandung.
Kondisi bangunan tersebut secara umum sudah kurang layak untuk proses pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi, sehingga memerlukan perbaikan guna peningkatan proses belajar mengajar. Dalam rangka menunjang proses belajar mengajar selain sarana gedung juga di perlukan pasilitas lainnya agar kwalitas lulusan dapat bersaing dengan lulusan-lulusan sarjana lainya. Fasilitas tersebut adalah sarana praktek,laboratorium,dan Kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM).











 2.2. Visi,misi.dan tujuan :

 a.Visi

    visi Faperta Unbar :
    1.Faperta Unbar memasuki millennium ke tiga turun mengemdangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian untuk mendukung industri dan lingkungan hidup di Indonesia.
    2.Faperta Unbar memasuki Dasawarsa kedua telah siap dengan sumber daya manusia dan sarana yang di perlikan untuk menghasilkan para lulusan profesionl dibidang pertanian,maupun menjadi wirasuastawan handal dan berakhlak terpuji.
   3.Mampu menghasilkan karya-karya ilmiah melalui penelitian dan iptek  dibidang pertanian yang bermutu tinggi.
   4. Mampu melaksanakan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan,konsiltasi,pelayanan teknik serta ekonomi dibidang pertanian.

 b.misi

   Faperta unbar memiliki misimelaksanakan konsekwen trydarma perguruan tinggi ialah pendidikan dan pengajaran,penelitian dan pengembangan,serta pengabdian kepada masyarakat untuk menuju masyarakat madhani yang sejahtera dalam kehidupanya.

 c.Tujuan

            Fakultas Pertanian Unifersitas Bandung Raya bertujuan untuk menghasilkan lulusan ,ilmuan ,pembaharuan, dan berprestasi dibidang pertanian.



















BAB 111
LAPORAN KEGIATAN

            Pada pagi hari tanggal 29 november 2008, sekitar pukul 06.00, para pserta berkumpul di depan kampus Unbar,bersiap-siap melaksanakan upacara untuk membuka kegiatan Ospek MOHAKFU. Upacara yang dipimpin oleh dekan fakultas Unbar. Dengan adanya pelepasan balon gas maka acara Ospek MOHAKFU  telah dimulai. Setelah itu kami harus lengkap dengan segala atribut dan alat – alat perlengkapan agar tidak dihukum. Lalu kami para peserta sarapan pagi dengan roti dan susu. Selesai sarapan kami melakukan bakti social membersihkan halaman kampus Unbar, kemudian ishoma setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dan pemberian materi pengenalan kampus olehWakil dekan 11 dan wadek 111,sedikt pembahasan yang diberikan yaitu tentang sejarah Fakultas Pertanian Unbar kurang lebih seperti yang terdapat pada bab2.
            Kemudian setelah salat asar kami bersiap siap berangkat ke Cimuleit atau kampus 11 dan disana kami istirahat sebentar kemudian setelah alat isya dan makan malam dilanjutkan dengan sambutan dari beberapa alumni dan para panitia tentang organisasi yang terdapat di Unbar diantaranya sambutan dari :
            1.Senat Mahasiswa Unbar
            2.BPM.          adalah suatu wadah bagi mahasiswa yang ada di Fakultas pertanian Unbabr dimana fungsinya sebagai wadah fasilitator untuk menyampaikan aspirasi dari mahasiswa terhadap fakultas dalam kerangka demokrasi kampus.
            3Mauarga .;  Suatu organisasi pecinta alam yang ada di Fakultas Pertanian Unbar.Kegiatan yang dilakukuan seperti,mendaki gunung,menyusuri sungai dan lain-lain. Mawarga yang berarti bunga hutan dan gunung.
            4.IKA (Ikatan Alumni) yaitu orang-orang yang semua anggota adalah semua lulusan alumni faperta unbar,dan sudah seperti keluarga dan saling bertukar pikiran.,atau apa bila ada informasi masalah pekerjaan.
            Setelah mendapat sambutan dari para panitia,di lanjutkan dengan jurit malam yang dilakukan sampai subuh.kemudian sarpan setelah upacara penutupan.dan kamipun pulang kerumah masing masing.jumlah peserta yang ikut awal nya  15 orrang tapi ada yang tidak  ikut jadi Cuma 12 orang.















BAB 1V
PENUTUP

            Demikian laporan yang bias penulis susun, semoga dengan adanya laporan ini syarat untuk menentukan kelulusan ospek yang sudah penulis ikiuti sesuai dengan harapanya.dan laporan ini disa menjadi bahan acuan oleh berbagai pihakyang merasa memiliki tanggung jawab,dan semoga ospek yang selanjutnya dapat terlaksana dengan lebih baik dari pada yang lalu.

                                                               

No comments:

Post a Comment

Skincare Reglow

https://fenia.sahabatreglow.net/reglow/ Konsultasi/tanya